6 Tempat Wisata Menakjubkan Berwarna Pelangi

Ditulis oleh pada Tuesday, April 8, 2014 - 07:11 dengan tidak ada komentar

Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang paling indah. Fenomena alam yang terjadi akibat adanya pembiasan cahaya ini menyuguhkan barisan warna-warna nan indah. Namun ternyata bukan hanya pelangi saja yang mampu menghadirkan barisan warna-warni indah semacam itu. Beberapa tempat wisata di dunia menjadi begitu terkenal karena memiliki gradasi warna menyerupai pelangi secara alami. Salah satunya bahkan ada di Indonesia.

1. Tanah Tujuh Warna Chamarel, Mauritius

6 Tempat Wisata Menakjubkan Berwarna Pelangi
Dalam bahasa Prancis, wilayah ini disebut dengan Terres des Sept Couleurs. Tanah Tujuh Warna ini merupakan suatu formasi geologis yang terdapat di Chamarel, Distrik Rivire Noire, sebelah barat daya Mauritius dan kini telah dikembangkan sebagai sebuah objek wisata. Wilayah ini tersusun dari bukit pasir yang tidak terlalu luas, namun luar biasanya bukit tersebut memiliki pasir yang terdiri dari tujuh warna. Jika dilihat secara keseluruhan, bukit ini tampak seperti lukisan bergaya surealisme dengan lapisan warana merah, cokelat, violet, hijau, biru, ungu, dan kuning.

Menurut Wikipedia, warna-warna pelangi tersebut terbentuk dari kandungan mineral dan aluminium di dalam pasir. Uniknya, kalau Anda mengambil segenggam pasir di bukit ini dan mencampurnya, pasir-pasir tersebut akan memisahkan diri sesuai dengan warnanya, seolah-olah membentuk spektrum warna pelangi. Yang lebih aneh lagi, pasir-pasir di bukit ini tidak pernah mengalami erosi meskipun tertimpa hujan dan angin selama bertahun-tahun.

2. Danau Wuhua, Lembah Jiuzhaigou, China

6 Tempat Wisata Menakjubkan Berwarna Pelangi
Lembah Jiuzhaigou yang berarti Lembah Sembilan Desa merupakan sebuah kawasan konservasi dan taman nasional di bagian utara provinsi Sichuan, barat daya China. Menurut Hujiang.com, Jiuzhaigou memiliki luas sekitar 72.000 hektar dan menjadi bagian dari kawasan Gunung Min Shan yang berbatasan dengan Plato Himalaya Tibet. Sejak tahun 1992, UNESCO telah menetapkan kawasan ini sebagai Situs Warisan Dunia. Lembah ini dikenal karena air terjun yang bertingkat-tingkat, puncak gunung yang tertutup salju, dan danaunya yang berwarna-warni.

Danau Wuhua yang berarti Danau Lima Bunga merupakan salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lembah Jiuzhaigou. Danau ini diberi nama Lima Bunga karena memang terdiri dari lima warna, yaitu biru laut, biru tua, hijau gelap, kuning, dan merah. Warna-warna tersebut terjadi karena kandungan Kalsium karbonat dan hidrofita dalam air danau.

3. Zhangye Danxia, China

6 Tempat Wisata Menakjubkan Berwarna Pelangi
Gunung pelangi seluas 300 kilometer persegi ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China. Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning.

Menurut Telegraph, warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu. Formasi batuan tersebut kemudian mengalami pergeseran lempeng tektonik yang juga membentuk pegunungan Himalaya. Hujan dan angin yang menerpa daerah itu selama jutaan tahun juga ikut andil dalam membentuk ceruk, lembah, dan pola warna Zhangye Danxia. Konon gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung kondisi cuaca.

4. Danau Kelimutu, Indonesia

6 Tempat Wisata Menakjubkan Berwarna Pelangi
Danau Kelimutu merupakan salah satu kebanggaan Indonesia. Danau ini merupakan bagian dari gunung berapi yang ada di Flores, NTT. Tiga danau kawah ini memiliki warna yang berbeda-beda. Karena itu danau ini disebut pula dengan nama Danau Tiga Warna. Danau pertama yang berwarna merah bernama Tiwu Ata Polo. Danau yang berwarna biru disebut Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, sedangkan danau yang berwarna putih dikenal penduduk setempat dengan nama Tiwu Ata Mbupu.

Warna ketiga danau ini terus berganti setiap beberapa tahun sekali. Perubahan tersebut disebabkan karena reaksi kimia yang dihasilkan dari mineral yang terkandung dalam danau yang terpicu oleh aktivitas gas gunung berapi.

5. Sungai Cano Cristales, Kolombia

6 Tempat Wisata Menakjubkan Berwarna Pelangi
Cano Cristales adalah nama sebuah sungai yang terletak di Serrania de la Macarena, provinsi Meta, Kolombia. Sungai ini punya julukan 'Sungai Lima Warna', 'Pelangi Cair' dan 'Sungai Maha Indah di Dunia' karena nuansa lima warna airnya sungainya yang menakjubkan.

Gradasi warna di sungai tersebut terjadi karena ganggang yang hidup di dalamnya, menghasilkan warna kuning, hijau dan biru yang cantik. Sementara warna merahnya dihasilkan oleh Macarenia clavigera, sejenis ganggang sungai yang hidup di dasar sungai.

6. Mata Air Panas Grand Prismatic, Amerika Serikat

6 Tempat Wisata Menakjubkan Berwarna Pelangi
Mata Air Panas Grand Prismatic ini merupakan mata air panas terbesar di Amerika Serikat, terbesar ketiga di dunia. Mata air panas dengan warna menyerupai spektrum pelangi ini terletak di Yellowstone National Park, Wyoming, Amerika Serikat. Sekilas mata air ini terlihat seperti motif bulu burung merak yang berukuran raksasa.

Nuansa warna mata air ini merupakan akibat dari pigmen warna yang keluar dari tubuh sejumlah mikroba yang hidup di sana. Saat musim panas pinggiran mata air panas tersebut berwarna merah atau oranye, sedangkan di musim dingin warnanya berubah menjadi hijau gelap. Tetapi bagian tengahnya sendiri selalu berwarna biru karena suhu airnya yang sangat panas.

Bee Note : "Tuhan telah menganugerahkan bumi yang begitu indah kepada kita, manusia, dan tak pernah menuntut apapun sebagai balasan atas segala keindahan yang kita nikmati tersebut. Tuhan mugkin hanya berharap, kita tidak merusak bumi ini dan menjaganya sebagai warisan bagi generasi yang akan datang".
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger