Benarkah Ada Kisah Mistis Dibalik Lagu Nina Bobo?

Ditulis oleh pada Selasa, 27 Agustus 2013 - 08:22 dengan 1 komentar

Benarkah Ada Kisah Mistis Dibalik Lagu Nina Bobo
Siapa yang tidak kenal dengan lagu yang satu ini. Lagu pengantar tidur ini tidak hanya populer di Indonesia tapi juga di beberapa negara lain di dunia. Namun dibalik kepopuleran lagu sederhana ini ada beberapa kisah mistis yang meliputi lagu ini. Tiap kisah memiliki versi yang sedikit berbeda namun tetap berpusat pada seorang gadis bernama Nina sebagai pusat kisahnya. Tapi benarkah memang ada kisah dan nuansa mistis dibalik lagu ini?

Dalam legenda pertama dikisahkan pada masa pendudukan Belanda di Indonesia, ada sebuah keluarga musisi asal Belanda yang memutuskan untuk hijrah ke Indonesia. Keluarga itu terdiri atas sepasang suami istri dan seorang anak gadis mereka yang bernama Nina Van Mijk. Pada awalnya keluarga ini menjalani kehidupan yang cukup bahagia di Indonesia sampai pada suatu malam sesuatu yang aneh terjadi pada diri Nina.

Pada suatu malam, tiba-tiba terdengar suara gaduh yang berasal dari dalam kamar Nina. Terdengar suara Nina yang menjerit-jerit disertai dengan suara berbagai benda yang seperti dilemparkan. Saat orang tuanya masuk kedalam kamar, mereka mendapati Nina diatas ranjangnya dalam posisi tubuh melipat kebelakang, mirip seperti gerakan kayang, merayap mundur kebelakang. Wajahnya tampak menyeramkan dengan rambut yang berantakan dan kelopak matanya menghitam pekat.

Sejak malam itu, setiap malam Nina selalu mengalami kejadian yang sama, orang tuanya lalu memutuskan untuk memasung Nina di dalam kamarnya. Seminggu kemudian, sang ayah yang putus asa memutuskan pulang ke Belanda meninggalkan Nina dan ibunya di Indonesia. Pembantu mereka pun satu persatu memutuskan keluar karena ketakutan.

Pada suatu malam, tidak seperti biasanya, sama sekali tidak terdengar ada keributan dari kamar tidur Nina. Sang ibu yang merasa khawatir lalu mencoba masuk untuk melihat keadaannya. Di dalam kamar, terlihat Nina sedang menangis diatas tempat tidurnya. Sang ibu yang merasa iba lalu mendekati Nina dan memeluknya erat-erat.

Kepada sang ibu, Nina mengatakan bahwa ia merasa sangat takut dan meminta sang Ibu untuk menyanyikan padanya sebuah lagu untuk mengantarkannya tidur. Sang Ibu kemudian mulai berdendang menyanyikan lagu nina bobo karangannya itu. Setelah lagu itu selesai didendangkan, sang ibu mendapati Nina telah meninggal dalam pelukannya. Sejak saat itu, dipercaya jika kita menyanyikan lagu nina bobo ini pada seorang anak, maka arwah Nina akan datang dan menjaga sang anak tetap tidur dengan lelap sepanjang malam.

Pada kisah yang lain diceritakan bahwa lagu ini merupakan sebuah lagu yang diciptakan oleh seorang wanita jawa bernama Mustika untuk anaknya yang bernama Helelina Mustika Van Rodjnik, hasil pernikahannya dengan seorang pria Belanda bernama Van Rodjnik. Lagu ini awalnya hanyalah sebuah senandung nada yang sering didendangkan oleh Mustika agar Nina yang sulit tidur bisa segera terlelap. Sang suami yang sering melihat Mustika mendendangkannya lalu meminta Mustika untuk memberikan lagu itu lirik agar lebih menarik. Sejak saat itu setiap malam Mustika kemudian menyanyikan lagu nina bobo seperti yang kita kenal sekarang untuk mengantarkan Nina tidur.

Pada suatu waktu, Nina ternyata jatuh sakit. Setelah beberapa tahun berjuang melawan penyakitnya, Nina akhirnya meninggal saat berusia 6 tahun. Kejadian aneh mulai terjadi sejak kematian Nina ini. Mustika sering terlihat menyanyikan lagu ini, saat ditanya Mustika mengatakan bahwa Ia mendengar Nina sedang menangis karena tidak bisa tidur dan minta dinyanykan lagu ini. Sejak saat itu Mustika sering sekali menyanyikan lagu ini hingga ajal menjemputnya.

Sejak Mustika meninggal, Van Rodjnik kemudian tinggal sendiri di rumah tersebut. Ia pun kemudian mulai mendengar suara seperti anak yang sedang menangis hingga pada puncaknya pada suatu malam ia merasa didatangi oleh arwah Nina yang memintanya menyanyikan lagu nina bobo. Sejak malam tersebut pikiran Van Rodjnik seperti terganggu dan seperti istrinya, Van Rodjnik sering menyanyikan lagu ini hingga kematiannya.

Lantas benarkah lagu nina bobo memiliki sejarah yang kelam seperti diatas? Dan jika benar demikian, lantas kisah manakah yang paling benar? Sejujurnya saya sendiri pun tidak tahu. Dalam upaya saya mencari asal usul dari lagu ini, tidak ada sebuah dokumen yang bisa menceritakan bagaimana lagu ini muncul atau siapakah sang penciptanya. Seperti kebanyakan lagu tradisional di Indonesia, masa lalu lagu ini cukup misterius.

Menurut beberapa sumber, lagu ini memang merupakan lagu asli Indonesia yang telah lama ada. Menurut beberapa sumber lain, lagu ini merupakan lagu adaptasi dari sebuah lagu gereja berjudul Abide With Me. Sedikit fakta menarik bisa kita temukan jika menelusuri lagu ini dari sisi bahasa. Kita mungkin sudah terbiasa dengan kata bobo yang merupakan kata lain untuk tidur yang diserap dari bahasa China. Tapi tahukah kita bahwa ternyata kata nina dalam lagu ini kemungkinan besar bukanlah bermaksud menyebutkan sebuah nama, melainkan sebuah kata yang diserap dari bahasa Portugis yaitu menina yang berarti gadis.
Bagikan Artikel Ini :

1 komentar:

Twinkle twinkle litle star.. Sperti di film

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger