Meerkat, Lebih Manusiawi Dari Manusia

Ditulis oleh pada Wednesday, April 3, 2013 - 21:37 dengan 4 komentar

Meerkat Hewan Yang Lebih Manusiawi Dari Manusia
Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Sebagai manusia kita membutuhkan adanya orang lain disekitar kita dan membutuhkan adanya pengakuan dari orang lain terhadap keberadaan kita. Manusia selalu mengklaim sebagai mahkluk dengan tingkat kehidupan sosial terbaik di dunia ini. Tapi tanpa kita sadari ternyata ada mahkluk-mahkluk hidup di luar sana yang mampu mempraktekan kehidupan bersosial lebih baik dari manusia, salah satunya adalah meerkat.

Meerkat adalah sejenis mamalia yang termasuk dalam keluarga luwak. Binatang ini memiliki habitat di Gurun Kalahari di Botswana dan Afrika Selatan. Meerkat umumnya hidup dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 20 ekor meerkat, namun terkadang kelompok itu bisa mencapai 50 ekor meerkat. Umumnya hewan ini adalah pemakan serangga tetapi tidak jarang mereka juga memakan ular, kadal, laba-laba, kalajengking dan bahkan juga burung kecil.

Yang paling saya kagumi dari meerkat adalah sistem kerjasama dalam kelompok sosial mereka. Setiap individu dalam kelompok ini memiliki peran bagi komunitasnya. Meerkat bersarang dengan membuat gua-gua di dalam tanah. Pada saat beraktivitas meerkat umumnya membagi kelompoknya dalam tiga tugas utama, kelompok pertama akan bertugas untuk mencari makan, kelompok kedua akan bertugas sebagai penjaga dan yang terakhir kelompok meerkat betina yang bertugas mengawasi anak-anak meerkat yang sedang bermain.

Kelompok penjaga akan berdiri disekitar kawanan untuk mengawasi jika ada pemangsa. Saat ada pemangsa yang muncul para penjaga ini akan berteriak dengan keras untuk memberitahukan bahwa ada ancaman terhadap kelompok sekaligus untuk menakut-nakuti pemangsa dengan menunjukan jumlah mereka yang banyak, sementara meerkat yang lain akan memastikan bahwa anak-anak mereka masuk ke dalam sarang dan aman disana. Jika para pemangsa ini masih memaksa untuk menyerang, para meerkat ini akan bertarung untuk menjaga anak-anaknya, bagi mereka mati untuk melindungi anaknya adalah sebuah kehormatan, coba bandingkan dengan tingkah manusia yang membunuh anak dalam kandungannya dengan alasan menjaga kehormatan, ironis bukan.

Selain itu meerkat juga terkenal sebagai hewan yang ramah terhadap spesies hewan lainnya. Mereka tidak akan keberatan jika ada mongoose, tupai tanah atau bahkan ular kecil yang tinggal di sarang yang mereka bangun. Mereka dengan senang hati menerima hewan lain untuk tinggal bersama selama menurut mereka hewan-hewan itu tidak akan berbahaya bagi kelompoknya.

Mungkin tak ada salahnya bagi kita manusia untuk sedikit merendah dan belajar kepada meerkat, belajar tentang bagaimana harus bersikap tidak egois dalam lingkungan, belajar tentang arti menghargai generasi penerus dan belajar tentang berbagi. Yah memang tak ada yang salah dengan itu, karena menurut saya seekor meerkat bahkan lebih manusiawi dari kita yang manusia ini.
Bagikan Artikel Ini :

4 comments

hehehe ,, sebuah pelajaran sederhana dr meerkat .. apa kita bisa lebih baik dr meerkat ato lebih hina dr meerkat..

http://adagamez.blogspot.com/

Balas

eh mas klo seandainya game yang ada di blogx mas mau sya download buat dimainkan offline bisa ngk?? kyakx asek gamex cma klo bsa pngen maennya offline aja hehehe

Balas

Sebenarnya ada beberapa game yg bisa di download mas walau gak semua.tp karena jenis filenya swf buat memainkannya musti pke flash player offline ato swf player .. dan kalo mo download sayangnya saya belum bisa nyediain di blog saya mungkin kapan2 hehehhe. silahkan search di google aja banyak ko yg nyediain unduhan game flash .

Balas

aku suka dengan hewan mirkat

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger