Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan

Ditulis oleh pada Saturday, April 20, 2013 - 10:48 dengan 1 komentar

Semua orang tentu ingin mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai bagi dirinya. Namun sayangnya karena keterbatasan pekerjaan yang tersedia, pada akhirnya kita kadang terjebak pada pencarian tanpa akhir akan sebuah pekerjaan. Jika anda ingin segera mendapatkan pekerjaan, mungkin anda harus melupakan cara-cara tradisional dengan membuat surat lamaran dan mencoba beberapa metode unik berikut ini untuk mendapatkan pekerjaan.

1. Membobol Situs

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Chris Putnam adalah salah satu software engineer yang bekerja di Facebook. Jika anda merasa familiar dengan namanya itu mungkin dikarenakan namanya digunakan sebagai salah satu nama emoticons yang ada di Facebook. Ternyata Ia mendapatkan pekerjaan di Facebook dengan cara yang cukup unik, yaitu dengan membobol situs Facecbook.

Cerita ini bermula pada sekitar tahun 2005 saat Ia dan teman-temannya membuat sebuah worm yang menyebar di dalam Facebook dan menyebabkan tampilan beberapa profile Facebook berubah menjadi seperti MySpace. Saat crew Facebook berusaha membenahi sistemnya, tanpa diduga salah satu co-founder Facebook Dustin Moskovitz mengirimkan email kepada Chris bahwa perbuatannya telah merugikan pengguna Facebook dan menyebabkan banyak kontak pengguna yang terhapus. Sebagai bentuk tanggung jawab Chris pun menjelaskan pada Dustin mengenai cara kerja wormnya. Dari sinilah kemudian Chris dan Dustin kemudian menjadi dekat hingga akhirnya pada tahun 2006 Dustin menawarkan pada Chris untuk bekerja di Facebook.

2. Menggunakan Lampu Hiasan Natal

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Di Amerika, adalah sebuah hal yang sangat biasa jika kita melihat ada rumah yang dipasangi begitu banyak lampu sebagai dekorasi saat natal. Liz Hickok punya cara yang lebih baik dalam memanfaatkan hiasan ini yaituu dengan menggunakannya sebagai penanda bahwa ia sedang mencari pekerjaan. Dengan menggunakan lampu-lampu hias ini Ia membuat sebuah tulisan besar yang berbungi "My Wish - HR Job - Liz HIckok Linked In".

Berkat "pengumuman" besar ini Liz mendapatkan banyak tawaran pekerjaan dari beberapa tempat usaha yang ada disekitar rumahnya, plus beberapa tawaran pekerjaan lainnya dari para pengguna LInked In.

3. Lewat eBay

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Mungkin tidak salah juga ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa kita bisa membeli hampir segala hal di eBay, karena bahkan kita bisa "membeli" pegawai di eBay. Adalah Josh Butler seorang pria berusia 18 tahun yang melelang dirinya lewat eBay untuk mendapatkan pekerjaan. Ia melakukan hal ini karena merasa frustasi belum juga mendapatkan pekerjaan setelah melamar ke sekitar 600 perusahaan.

Walau kebanyakan orang menganggap apa yang dilakukannya adalah gila, namun cara ini terbukti cukup ampuh untuk membantunya mendapatkan pekerjaan. Tidak lama setelah Ia mengumumkan "lelang" atas dirinya tersebut, Ia berhasil mendapatkan tiga buah tawaran pekerjaan.

4. Melalui Google Ads

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Alec Brownstein tampaknya sangat memahami kehebatan internet marketing. Ia memanfaatkan google ads untuk mempromosikan dirinya dan mendapatkan pekerjaan yang Ia inginkan. Hanya dengan bermodalkan uang sebesar USD 6, Alec berhasil mendapatkan hak untuk memasang iklan di google. Iklan itu akan muncul jika ada yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu. Kata kunci yang dipilih oleh Alec adalah nama dari lima orang direktur kreatif yang Ia kagumi. Iklan itu sendiri jika di klik akan membawa kita menuju sebuah website miliknya yang berisi contoh pekerjaan dan biodata Alec.

5. Tulisan Minta Tolong

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Seorang mantan penyiar bernama Ted Williams harus mengalami masa-masa sulit setelah Ia terjerumus dalam penggunaan obat-obatan dan minuman keras. Ia hidup menggelandang dan meminta-minta, hingga suatu hari seorang reporter lokal merekamnya sambil membawa sebuah tulisan yang berisi bahwa Ia adalah seorang mantan penyiar yang sedang mengharapkan bantuan. Tak diduga video yang diunggah ke You Tube itu kemudian berhasil menarik minat banyak orang karena suara indah milik Ted.

Sejak saat itu Ted pun kebanjiran tawaran pekerjaan. Tidak main-main Ia mendapatkan tawaran dari MTV, ESPN serta dari NFL dan tim basket Cleveland Cavalier. Kabarnya Ia juga mendapat tawaran membintangi iklan dan film.

6. Melalui Twitter

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Selama berbulan-bulan Jon Kolbe menghabiskan waktunya untuk membuat surat lamaran dan menyebarkannya tanpa mendapatkan hasil. Merasa sudah lelah Ia kemudian menyerah dan membuat sebuah pengumuman melalui Twitter bahwa Ia akan memberikan sebuah HD kamera video kepada orang pertama yang mampu membantunya mendapatkan pekerjaan. Setelah beberapa lama ternyata ada seorang pengguna Twitter yang membantunya mnjalani interview dan mendapatkan pekerjaan. Tapi sayangnya tidak ada kejelasan apakah Ia menepati janjinya untuk memberikan kamera tersebut.

7. Dengan Bersikap Ramah

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Andrew Horner adalah pemilik dari Premier Design, Inc. Uniknya dulu Ia pernah mendapatkan pekerjaan hanya karena keramahannya. Pada suatu hari Andrew yang sedang mencari pekerjaan mendengar ada sebuah lowongan di sebuah perusahaan. Andrew sebenarnya mampu melakukan pekerjaan itu hanya saja salah satu syarat yang diajukan adalah bahwa pelamar harus minimal lulusan universitas, padahal Andrew bahkan tidak tamat SMA.

Namun Andrew tidak menyerah, Ia tetap melamar pekerjaan itu. Setiap hari Ia terus datang ke sana untuk melihat apakah telah ada orang lain yang telah diterima bekerja dan berbincang-bincang dengan sang pemilik usaha. Tak disangka seminggu kemudian sang pemilik memutuskan untuk menerima Andrew karena keuletan dan keramahannya selama itu.

8. Dengan Membuat Surat Pengunduran Diri

Berbagai Cara Unik Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Pada suatu hari Max Donaldson memutuskan untuk keluar dari bandnya dan mulai mencari pekerjaan. Ia kemudia mencoba mengikuti sebuah wawancara di sebuah perusahaan. Pemilik perusahaan tersebut nampak cukup puas dengan jawaban yang diberikannya hingga pada akhirnya sebuah pertanyaan yang cukup sulit keluar "Max, mengapa perusahaan kami harus menerimamu."

Max merasa sedikit kesulitan menjawab pertanyaan ini. Ia pun meminta waktu untuk ke belakang dan keluar dari ruangan itu. Ia kemudian menghampiri meja sekertaris untuk meminta selembar kertas dan meminjam alat tulis. Ia lalu menulis surat pengunduran diri dan membawanya masuk keruang interview. Di dalam ruangan IA menyerahkan surat itu ke calon bosnya sambil berkata "Ini adalah surat pengunduran diri saya, jika Anda merasa saya tidak bekerja dengan baik, Anda tidak perlu repot-repot memecat saya.". Sang bos pun tersenyum dan menjabat tangannya dan mengatakan bahwa Ia di terima.
Bagikan Artikel Ini :

1 comments:

jujur adalah mata uang yang berlaku dimanapun dan kapanpun

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger