Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia

Ditulis oleh pada Friday, April 19, 2013 - 08:16 dengan tidak ada komentar

Sejak awal mula kehidupan manusia tak pernah bisa lepas dari cinta. Berbagai kisah, puisi dan lagu tercipta karena terinspirasi oleh cinta. Karena cinta manusia mampu melakukan hal-hal luar biasa yang tidak masuk akal seperti membuat bangunan-bangunan luar biasa sebagai monumen cintanya. Monumen-monumen cinta itu kemudian tak hanya menjadi tanda betapa kuatnya ikatan cinta orang yang membangunnya, tetapi juga menjadi sebuah bangunan bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan sebagai upaya untuk mengenang betapa hebatnya cinta mampu menginspirasi seseorang.

1. Taj Mahal

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Mungkin inilah monumen cinta paling terkenal di seluruh dunia. Bangunan yang sempat menjadi salah satu keajaiban dunia ini merupakan sebuah monumen cinta yang dibangun oleh Mughal Shāh Jahān pada abad ke-15 ini merupakan saksi betapa besarnya cinta sang Raja kepada istrinya yang berasal dari Persia yang bernama Arjumand Banu Begum yang dikenal juga sebagai Mumtaz Mahal.

Bangunan yang membutuhkan waktu selama 22 tahun untuk mengerjakannya ini dibangun sebagai musoleum bagi sang istri. Saat sang istri meninggal Shāh Jahān memerintahkan kepada Ustaz Ahmad untuk membuat Taj Mahal. Hampir semua bangunan di Taj Mahal dibangun dengan simetris dengan makan Mumtaz Mahal berada di tengahnya, satu-satunya bangunan yang tidak simetris adalah makam sang Raja sendiri yang berada di sebelah makam sang istri, hal ini dikarenakan makam sang Raja memang tidak masuk dalam rencana awal pembuatan komplek bangunan yang dihiasi dengan 43 jenis batu permata ini.

2. Taman Gantung Babilonia

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Menurut catatan sejarah taman ini dibangun oleh Raja Nabukadnezar II sebagai hadiah bagi sang istri Amyitis. Amyitis yang berasal dari Persia merasa sangat rindu akan kampung halamannya yang penuh dengan berbagai macam pohon dan tanaman. Sang Raja kemudian berinisiatif membuatkan sebuah taman agar sang istri tak lagi sedih.

Taman ini merupakan karya arsitektur yang sangat termahsyur dan dikagumi oleh kerajaan-kerajaan lain pada saat itu bahkan hingga kini. Taman seluas 4 are ini telah menjadi monumen agung dari Bangsa Babilonia. Keunikan arsitekturnya yang bertingkat-tingkat dan dilengkapi dengan sistem pengairan yang mampu mencapai ketinggian 100 meter, telah menunjukan betapa hebatnya bangunan ini dibuat.

3. Kastil Boldt

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Kastil ini merupakan sebuah bentuk ungkapan cinta yang dibangun oleh Geoge Boldt untuk istrinya Louise. Sayangnya satu tahun sebelum waktu yang direncanakan sebagai saat kastil ini selesai, sang istri telah meninggal dunia dal;am usia 41 tahun. George Boldt yang merasa patah hati kemudian memutuskan untuk menghentikan pembangunan kastil itu dan membiarkannya tidak terselesaikan. Ia tidak mampu membayangkan bagaimana mampu hidup dalam kastil tersebut tanpa sang istri yang sangat dicintainya.

4. Prasat Hin Phimai

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Jika umumnya sebuah monumen cinta dibangun oleh seorang pria bagi wanita yang dicintainya, maka bangunan di Thailand ini justru dibangun oleh seorang wanita demi mengenang pria yang sangat dicintainya. Kisah cinta ini bermula saat seorang Raja memerintahkan kepada anaknya, Pangeran Pajitt, untuk mencari seorang istri. Sang Pangeran yang berkeliling ke seluruh penjuru negeri akhirnya menemukan wanita yang ingin dinikahinya yaitu seorang wanita yang tengah mengandung. Akan tetapi karena tidak bisa menikahi wanita itu Ia kemudian memutuskan akan menikahi anak yang akan dilahirkan wanita tersebut.

Sekitar 16 tahun kemudian sang Pangeran dan anak dari wanita itu, yang diberi nama Orapima, saling jatuh cinta dan ingin menikah. Namun karena ditentang oleh sang Raja mereka lalu memutuskan untuk melarikan diri kehutan. Malang ditengah perjalanan sang Pangeran mati dibunuh oleh pria lain yang juga mencintai Orapima. Merasa sangat kehilangan Orapima kemudian membangun Prasat Hin Phimai sebagai penghormatan untuk kekasihnya itu. Di dinding bangunan ini terdapat relief dan lukisan mengenai kisah cinta mereka.

5. Kastil Coral

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Kastil ini merupakan monumen cinta paling misterius dan luar biasa yang pernah dibuat oleh manusia. Edward Leedskalnin seorang laki-laki berkebangsaan Latvia yang memutuskan untuk pindah ke Amerika setelah sang tunangan Agnes memutuskan untuk membatalkan pernikahan mereka sehari sebelum dilangsungkan. Selama 30 tahun Ia seorang diri dan dengan menggunakan peralatan seadanya membangun istana ini dengan menggunakan batuan-batuan raksasa dengan berat rata-rata sekitar 14 ton untuk tiap batunya.

Bangunan ini begitu luar biasa sehingga membuat para penelitipun kebingungan bagaimana mungkin Edward mampu memindahkan batu-batu itu ke sana serta membangunnya seorang diri dan dengan peralatan yang sangat sederhana. Salah satu misteri terbesar pada bangunan ini adalah sebuah gerbang batu raksasa yang sangat luar biasa, yang menurut para ahli hanya bisa dibuat dengan teknologi laser. Pintu itu sempat mengalami kerusakan dan kemudian diperbaiki tapi tak pernah bisa bekerja sebaik awalnya.

6. Kastil Mystery

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Cinta tidak harus selalu mengenai perasaan terhadap pasangan, seperti monumen cinta berikut ini yang dibangun oleh seorang ayah untuk putri tersayangnya. Boyce Luther Gulley memutuskan untuk meninggalkan rumahnya setelah Ia mengetahui bahwa dirinya menderita TBC. Ia tidak ingin istri dan anaknya merasa sedih melihatnya meninggal dunia.

Dengan sisa uang yang dimilikinya, Ia kemudian membeli tanah di daerah Phoenix. Selama 15 tahun sisa hidupnya ia berusaha membuat sebuah istana mini dengan 18 kamar memanfaatkan segala hal yang ada disekitarnya. Pada tahun 1945 keluarganya baru tahu soal kematian Boyce serta sebuah kastil yang diwariskannya kepada sang putri tersayang. Ternyata kastil ini memang sengaja dibangun Boyce untuk menepati janjinya yang akan membangunkan sebuah istana kecil bagi putrinya.

7. Istana Dobroyd

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Suatu hari John Fileden, anak seorang kaya raya, bertemu dan jatuh cinta dengan seorang gadis penenun bernama Ruth Stansfield. Ia pun kemudian melamar sang gadis pujaannya itu. Ruth mengatakan kepada John, bahwa Ia akan menerima lamaran itu dengan syarat John membuatkan dirinya sebuah kastil diatas bukit. John pun dengan senang hati memenuhi permintaan itu dan dibangunlah Istana Dobroyd yang dihiasi dengan inisial mereka berdua.

Mereka kemudian menikah dan hidup bahagia di dalam kastil tersebut hhingga sang istri meninggal dunia. John kemudian memutuskan menikah lagi, tapi hatinya tak pernah bisa melupakan Ruth. Ia pun menjadi sakit-sakitan dan akhhirnya menjadi lumpuh hingga harus menghabiskan sisa hidupnya diatas kursi roda.

8. Istana Kellie

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Istana Kellie merupakan salah satu bangunan tertua yang ada di Malaysia. Bangunan ini dibangun oleh William Kellie untuk sang istri tercinta Agnes Smith. Yang unik dari istana ini adalah arsitektur, bahan bangunan hingga para pekerjanya yang kesemuanya didatangkan langsung dari India.

9. Tembok Cinta

Monumen Cinta Paling Terkenal Di Dunia
Monumen cinta yang satu ini dibangun bukan sebagai ungkapan cinta untuk seseorang tapi lebih sebagai sebuah monumen yang mengingatkan bahwa cinta ada di mana saja dan ada untuk siapa saja. Dalam tembok ini terdapat lebih dari 1000 ungkapan cinta yang ditulis dalam lebih dari 300 bahasa. Sang inspirator pembuatan tembok ini, Frederic Baron, harus mengunjungi berbagai kedutaan di Perancis dan bertanya pada beberapa temannya untuk mengumpulkan kata-kata ini.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger