Trik Sederhana Merubah Tampilan Firefox

Ditulis oleh pada Sunday, April 21, 2013 - 11:45 dengan 4 komentar

Terkadang kita pasti pernah merasa bosan dengan tampilan pada program Mozilla Firefox kita yang terkesan begitu-begitu saja. Salah satu yang umumnya kita lakukan untuk mengatasi rasa bosan ini adalah merubah theme untuk merubah tampilannya. Tapi ada satu kelemahan mendasar pada cara ini yaitu theme yang kita gunakan hanya akan merubah tampilan pada bagian bar Firefox saja, dan tidak merubah background homepage dan new tab. Saya pun menjadi penasaran kira-kira ada tidak cara merubah tampilan Firefox secara keseluruhan, dan ternyata ada sebuah cara sederhana untuk melakukannya. Trik ini tergolong sangat sederhana dan menggunakan sebuah add-on yang berukuran kecil bernama Stylish. Untuk instalasi add-on dan merubah tampilan Firefox anda silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menginstal add-on Stylish. Caranya buka Firefox anda, klik tab tool dan pilih add-on. Setelah jendela add-on Firefox terbuka silahkan mencari add-on ini dengan menggunakan keyword stylish. Atau anda bisa menginstalnya melalui link ini. Jika sudah silahkan klik Add to Firefox dan ikuti langkah instalasinya sampai selesai hingga Firefox meminta untuk di restart, hanya merestart Firefox saja bukan OS anda. Klik restart dan Firefox akan menutup untuk kemudian membuka kembali.

2. Langkah kedua adalah membuat style baru pada Firefox dengan menggunakan add-on Stylish yang telah di instal tadi. Caranya buka lagi jendela add-on pada Firefox anda dengan menekan tab tool lalu pilih add-on. Dalam jendela add-on anda akan menemukan sebuah tab baru di sebelah kiri yang bernama User Styles. Klik tab tersebut lalu pilih new style dan Firefox akan membuka sebuah jendela baru untuk memasukkan style anda.

3. Sekarang saatnya memasukkan style anda dalam jendela baru tadi. Pada kolom Name, silahkan anda isi sesuka anda. Pada kolom Tags sebaiknya anda kosongkan saja. Lalu masukkan kode di bawah ini pada kolom utama, yang berukuran besar.

/* Set a wallpaper for the about:newtab and the about:home page*/
@-moz-document url("about:newtab"), url("about:home") {
  /*for the new tab page*/
  #newtab-scrollbox {
    background: url("
file:///c:/Background.jpg") no-repeat !important ;
    background-size: 100% !important;
   }
  /*for the homepage*/
  body {
    background: url("
file:///c:/Background.jpg") no-repeat !important ;
    background-size: 100% !important;
  }
  #launcher {
    background-color: rgba(0,0,0,0.8) !important;
  }
}

Ganti file:///c:/Background.jpg dengan letak file gmabar yang ingin anda gunakan sebagai background. Setelah selesai silahkan save dan anda bisa melihat hasil perubahan yang anda lakukan pada Firefox anda.

Selain untuk melakukan perubahan sederhana pada background Firefox anda, dengan kemampuan bahasa pemrograman yang lebih baik anda bisa menggunakan add-on ini untuk mengubah tampilan situs favorit anda khusus di komputer anda, untuk yang satu ini saya juga tidak menguasainya. Jadi selamat bereksperimen saja dengan add-onn ini, jika ada penjelasan saya yang kurang jelas atau anda butuh bantuan silahkan bertanya lewat form komentar dibawah. Berikut ini saya sertakan gambar hasil editan di Firefox saya, gambar pertama adalah pada bagian homepage, sedangkan gambar kedua adalah bagian new tab.

Trik Sederhana Merubah Tampilan Firefox

Trik Sederhana Merubah Tampilan Firefox

Bagikan Artikel Ini :

4 comments

apa yang dmaksud dengan file:///c:/Background.jpg yah gan?, soalnya gambar pad tab saya tetep ga bisa berubah

Balas

maaf bru sya blas

c:/Background.jpg itu maksudnya file yg akan d jdkan background.c:/ menunjukan bahwa file itu ada di drive c pada komputer atau laptop, kalau gambar yg akan mas gunakan ada di drive lain silahkan sesuaikan.jika filex ada dalam folder silahkan tambahkan nama folderx conth c:/Gambar/Background.jpg dimana Gambar menunjukan nma folderx. Background.jpg itu nama filex, silahkan ganti sesuai dengan nama dan ektensi filex.

Balas

kok barnya ga berubah??

Balas

kalo bagian barx masih hrus pke theme mas.

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger