Hebat, Toilet Canggih Ini Bisa Dilipat

Ditulis oleh pada Tuesday, March 11, 2014 - 07:38 dengan tidak ada komentar

Hebat Toilet Canggih Ini Bisa Dilipat
Di masa depan, karena semakin sempitnya lahan hunian di bumi ini, disinyalir rumah-rumah yang berada di kota-kota besar akan menjadi semakin kecil. Hal ini akan menyebabkan ukuran ruangan dalam rumah akan terasa semakin sempit sehingga dibutuhkan perabot rumah tangga yang berukuran kecil dan tidak memakan tempat. Menyadari hal ini, sekelompok mahasiswa Inggris kemudian menciptakan sebuah toilet duduk berukuran compact. Tak sekedar canggih, toilet ini juga bisa dilipat untuk menghemat ruang.

Seperti dilansir oleh Daily Mail, toilet inovatif ini merupakan hasil rancangan dari dua orang mahasiswa University of Huddersfield, Gareth Humphreys dan Elliott Whiteley. Toilet yang diberi nama Iota tersebut diklaim mampu menghemat sekitar sepertiga ruangan ketimbang toilet konvensional yang ada saat ini sehingga mampu membuat kamar mandi terlihat lebih lapang.

Selain itu perangkat ini juga dilengkapi dengan sistem penyiraman pintar yang akan bekerja ketika toilet berada pada posisi tegak. Berkat sistem ini, perangkat rumah tangga futuristik ini menjadi lebih efisien karena hanya memerlukan sekitar dua setengah liter air untuk sekali penyiraman. Coba bandingkan dengan toilet konvensional yang bisa menghabiskan enam liter air sekali siram.

'Toilet biasa memiliki banyak masalah - penggunaan air yang berlebihan sehingga membuat sampah yang ada di sekitar mengendap dan bisa mencemarkan air bersih. Toilet konvensional juga sangat besar sehingga membuat kamar mandi terasa sempit," ujar Humphreys dan Whiteley. Mereka menyebut toilet ini mampu menghemat lebih dari 10 ribu liter air per orang setiap tahunnya.

Meski saat ini toilet ini masih sekedar konsep, Humphreys dan Whiteley yakin bahwa toilet buatan mereka akan menjadi trend di masa depan. Mereka kini telah mengajukan permohonan paten untuk desain toilet tersebut. Toilet ini juga mereka ikut sertakan dalam The Royal Society for the encouragement of Arts, Manufactures and Commerce (RSA) Student Design Awards - Re-Invent the Toilet competition, sebuah perlombaan yang menantang para pelajar untuk memodifikasi toilet.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger