5 Penemuan Bermanfaat Yang Tercipta Akibat Perang

Ditulis oleh pada Wednesday, March 12, 2014 - 07:32 dengan tidak ada komentar

5 Penemuan Bermanfaat Yang Tercipta Akibat Perang
Perang, dimanapun dan kapanpun selalu membawa kesengsaraan bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Namun siapa sangka, beberapa penemuan paling berguna dalam kehidupan kita awalnya berasal dari medan peperangan. Untuk memenangkan perang negara-negara di dunia tidak segan mengeluarkan dana besar guna membekali pasukannya dengan peralatan paling canggih. Penemuan yang awalnya tercipta karena alasan yang merusak kini justru menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

1. GPS

Global Positioning System adalah sebuah teknologisistem navigasi yang memungkinkan seseorang untuk mengetahui koordinatnya di suatu tempat. Teknologi ini memanfaatkan bantuan satelit sehingga pengguna bisa melacak lokasinya dengan tepat dan cepat lewat perangkat yang digunakan.

Awalnya teknologi ini muncul pada sekitar tahun 1990 dan dikeluarkan oleh US DoD (Departemen Pertahanan AS). Saat itu, teknologi itu dikembangkan dalam rangka menghadapi perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Baru pada  tahun 1996, Bill Clinton kemudian membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menggunakan GPS.

2. Celana Cargo

Celana cargo adalah tipe celana yang berbahan tebal dengan banyak saku. Meski terlihat berat, celana ini sebenarnya cukup ringan karena memang didesain khusus untuk membantu tentara bergerak dengan cepat sambil membawa banyak perlengkapan di medan perang. Inventornya adalah militer Inggris di 1930 dan mulai dipakai umum pada 1990-an.

3. Lakban

Lakban atau Duct Tape adalah salah satu inovasi terbaik karya manusia yang terlahir dari peperangan. Meski simpel, lakban mampu menjadi salah satu penemuan yang banyak dipakai oleh manusia, bahkan hingga saat ini. Lakban awalnya ditemukan pada 1942 oleh militer Amerika. Pada saat itu lakban digunakan untuk melapisi selongsong amunisi agar tahan air. Penggunaannya kemudian dipakai juga untuk menambal alat perang yang rusak.

4. Komputer

ENIAC, atau komputer pertama dibuat oleh militer Amerika Serikat pada Perang Dunia kedua. Pada masa itu, teknologi ini dipakai untuk berbagai tujuan terutama membantu pengembangan persenjataan. Teknologi ini kemudian berkembang oleh bantuan IBM. Hingga sekarang, komputer pun muncul dalam bentuk terkecilnya yaitu Raspberry Pi.

5. Microwave

Di 1945 peneliti Amerika tak sengaja menemukan fakta bahwa pengirim radar milik militer negaranya selama Perang Dunia II mampu menghasilkan panas yang cukup untuk memasak. Setelah melakukan berbagai penelitian, microwave pun diciptakan.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger