4 Negara Berebut Memiliki Sebuah Batu Di Tengah Laut

Ditulis oleh pada Friday, March 14, 2014 - 19:24 dengan tidak ada komentar

4 Negara Berebut Kepemilikan Sebuah Batu Ditengah Laut
Sebuah batu besar yang terletak di lepas pantai daratan Skotlandia ini benar-benar mengundang kebingungan dari banyak orang. Bagaimana tidak, sudah sejak seabad yang lalu, 4 negara besar di dunia saling berebut untuk menjadi pemilik batu ini. Yang lebih membingungkan, jika dilihat, tak ada hal yang istimewa dari pulau batu tak berpenghuni yang terletak di tengah laut tersebut. Lantas mengapa batu besar ini menjadi rebutan?

Rockall, begitulah orang menamakan pulau batu kecil yang tak berpenghuni tersebut. Pulau ini sendiri berada sekitar 480 km dari lepas pantai barat daratan Skotlandia. Dengan lebar 25 meter dan tinggi 21 meter, memang tidak ada yang istimewa dari keberadaan pulau batu ini. Meski demikian, menurut Amusing Planet, sudah sekitar seabad terakhhir batu ini menjadi rebutan dari 4 negara. Keempat negara tersebut adalah Inggris, Irlandia, Islandia, dan Denmark.

Setelah ditelusuri, alasan 4 negara tersebut memperebutkan Rockall bukanlah karena menginginkan pulau batu tersebut. Hal ini karena Rockall tak lebih dari sekedar pulau batu biasa yang sekilas tampak seperti piramid dan tak berpenghuni. Kalaupun ada yang berkunjung ke sana, turis hanya akan menemukan moluska sebagai penghuninya. Atau mungkin burung-burung laut yang kebetulan sedang singgah untuk beristirahat di sana.

Alasan utama Rockall menjadi rebutan ternyata adalah karena Rockall berada di lokasi yang strategis. Berdasarkan penelitian, ternyata Rockall berada di area yang kaya dengan ikan serta cadangan minyak dan gas bumi. Jadi negara manapun yang akhirnya menjadi pemilik batu besar ini, akan menjadi negara yang berhak untuk melakukan eksporasi terhadap cadangan minyak dan gas bumi tersebut.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger