9 Hal Ajaib Pada Tubuh Ketika Jatuh Cinta

Ditulis oleh pada Wednesday, February 19, 2014 - 09:16 dengan tidak ada komentar

9 Hal Ajaib Pada Tubuh Ketika Jatuh Cinta (Gambar Ilustrasi)
Jatuh cinta mungkin merupakan salah satu pengalaman paling membahagiakan yang bisa dirasakan oleh manusia. Bergam perasaan bercampur aduk dalam hati saat cinta melanda. Berdasarkan penelitian, ternyata cinta bukan hanya berdampak pada perasaan manusia saja. Rasa cinta ternyata juga mampu mempengaruhi kondisi tubuh manusia sehingga terjadilah berbagai hal ajaib pada tubuh kita. Lantas hal-hal ajaib apa saja yang mungkin terjadi pada tubuh saat kita jatuh cinta?

1. Kerja Otak Menjadi Lebih Kuat Untuk Beberapa Saat
Cinta diidentifikasi sebagai sebuah proses yang mampu menyebabkan aktifnya 12 titik saraf pada otak. Seperti yang diungkapkan Journal of Sexual Medicine, saat seseorang jatuh cinta, otak akan bekerja dengan sangat kuat sehingga kita bisa mengetahui bahwa diri kita sedang mengalami jatuh cinta hanya sekita 1/5 detik setelah kita bertemu dengan wanita atau pria yang kita cintai.

2. Berkurangnya Resiko Terkena Penyakit Jantung
Ternyata jatuh cinta mampu membantu manusia untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa jatuh cinta ternyata mampu mempengaruhi produksi hormon-hormon dalam tubuh manusia yang pada akhirnya akan membantu kerja jantung dan peredaran darah menjadi lebih ringan.

3. Sulit Tidur
Saat kita sedang jatuh cinta, kita sering sekali memikirkan wanita atau pria yang kita cintai sehingga kita menjadi sulit tidur. Dilansir dalam Journal of Adolescent Health, ternyata gejala imsonia pada seseorang yang sedang jatuh cinta adalah merupakan sesuatu yang umum terjadi. Ternyata hal ini disebabkan adanya perubahan dalam tubuh manusia sehingga otak kita akan terus-menerus memaksa bekerja untuk memikirkan si pria atau wanita incaran.

4. Lebih Tahan Terhadap Rasa Sakit
Stanford University School of Medicine pernah melakukan sebuah penelitian mengenai emosi manusia saat mereka sedang jatuh cinta. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa orang-orang yang sedang jatuh cinta menjadi lebih tahan terhadap rasa sakit. Hal ini dikarenakan saat kita jatuh cinta, reseptor otak akan diaktifkan untuk melepaskan semacam penghilang rasa sakit alami.

5. Lebih Pelupa Dari Biasanya
Saat kita sedang jatuh cinta, kita sering kali mengalami kondisi dimana kita menjadi lebih pelupa dari biasanya. Berdasarkan penelitian ternyata hal ini disebabkan karena selama jatuh cinta otak akan melepaskan hormon oksitosin dalam jumlah yang besar. Hormon ini akan membuat kerja memori manusia menjadi lebih lamban sehingga kita menjadi pelupa.

6. Pencemburu
Saat seseorang benar-benar jatuh cinta pada seorang wanita atau pria, umumnya mereka akan menjadi lebih posesif. Berdasarkan penelitian Florida State University, hal ini dikarenakan cinta memancing emosi manusia untuk selalu ingin dekat dan melindungi orang yang dicintainya, sebagai akibatnya rasa cemburu menjadi sulit untuk dihindarkan.

7. Lidah Lebih Dominan Terhadap Rasa Manis
Pernahkah anda mendengar ungkapan "Karena cinta, kotoran kucing pun terasa seperti coklat". Walau terdengar konyol dan menggelikan, ternyata ungkapan ini tidaklah sepenuhnya salah. Berdasarkan studi dari American Psychological Association, jatuh cinta ternyata mampu mempengaruhi kinerja indera perasa manusia sehingga lebih dominan merasakan rasa manis dalam makanan yang disantapnya.

8. Nada Suara Menjadi Lebih Tinggi
Tanpa kita sadari, ternyata kita cenderung untuk berbicara dengan nada yang lebih tinggi jika saat dengan orang yang kita cintai. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Evolutionary Psychology telah membuktikan hal ini.

9. Tulang Menjadi Lebih Kuat
Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti menunjukan bahwa perasaan bahagia yang secara konstan dirasakan oleh orang yang sedang jatuh cinta mampu membuat tulang mereka menjadi lebih kuat tanpa perlu repot-repot mengkonsumsi suplemen apapun.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger