Misteri Trovant, Batu Bernyawa Dari Rumania

Ditulis oleh pada Wednesday, January 1, 2014 - 09:04 dengan tidak ada komentar

Misteri Trovant, Batu Bernyawa Dari Rumania
Trovant adalah sebuah batuan unik yang ditemukan di sebuah desa di Rumania. Batu ini memiliki bentuk bulat, elips atau terkadang menyerupai angka delapan. Batuan ini memiliki ukuran yang beragam, mulai dari beberapa milimeter hingga mencapai beberapa meter. Luar biasanya batuan ini seperti bernyawa dan mampu setiap kali diguyur hujan, bahkan batuan ini bisa berpindah tempat tanpa bantuan siapapun.

Seperti dilansir Oddity Central, trovant adalah sebentuk bola pasir yang diduga muncul di bumi setelah terjadinya aktivitas seismik yang kuat. Diperkirakan batuan ini berasal dari periode Tersier sekitar 6 juta tahun lalu. Kata trovant sendiri merupakan sinonim dari istilah Jerman "Sandsteinkonkretionen", yang berarti pasir yang disemen. Saat terjadi kontak dengan air, batuan ini akan tumbuh membesar bahkan mencapai ukuran yang jauh lebih besar dari bentuk awalnya.

Sebuah batuan trovant yang awalnya memiliki ukuran hanya sekitar 6-8 milimeter mampu tumbuh hingga mencapai ukuran 6-10 meter. Beberapa trovant dilaporkan juga bisa berpindah tempat dengan sendirinya. Saat dibelah, bagian dalam trovant tampak berupa cincin pertumbuhan yang melingkar, mirip seperti bagian dalam batang pohon. Hal inilah yang kemudian membuat batuan trovant mendapat sebutan sebagai batu bertumbuh.

Ada berbagai teori yang muncul terkait asal-usul dan keanehan batuan trovant ini, mulai dari yang ilmiah, mistis bahkan hingga teori-teori yang terdengar fantastis. Para ilmuwan sendiri masih dibuat bingung hingga kini. Sebagian ilmuwan meyakini, di bawah tempurung trovant, batu ini mengandung mineral. Saat permukaannya basah oleh air, mineral tersebut kemudian menyebar, dan memaksa pasir berkembang.

Namun semua dugaan itu hanyalah sebatas teori saja. Sampai sekarang belum ada sebuah riset atau percobaan oleh para ilmuwan yang pernah dilakukan pada batu-batu ajaib tersebut. Bebatuan trovant kini menjadi daya tarik di Museum Trovanti, sebuah museum terbuka seluas 1,1 hektar di Rumania dan dilindungi UNESCO.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger