Suara Misterius Hantui Warga Kota Southampton

Ditulis oleh pada Thursday, October 24, 2013 - 08:08 dengan 1 komentar

Suara Misterius Hantui Warga Southampton
Beberapa waktu ini sebuah suara misterius telah menghantui dan mengusik ketenangan warga di tepian perairan Southampton, Hamsphire, Inggris. Dari pukul 22.00 waktu setempat, hampir setiap hari terdengar suara dengungan bernada rendah yang aneh dan suara tersebut terus bertahan selama berjam-jam, hingga sepanjang malam. Sebagian besar warga menjadi sulit tidur akibat suara misterius tersebut, mereka yang sudah tak tahan bahkan pindah dan menginap di rumah milik teman atau kerabat yang terletak cukup jauh, agar terlepas dari suara misterius yang mengerikan tersebut.

Seperti diberitakan oleh Daily Mail, puluhan warga di saerah pesisir Southampton mengaku mengalami kesulitan tidur akibat suara misterius yang selalu muncul hampir setiap malam didaerah mereka. Merasa kesal, warga kemudian mulai menyalahkan apapun yang mereka anggap sebagai penyebab dari suara tersebut, mulai dari industri, tugboat hingga kapal tanker yang beroperasi di Southampton Docks. Namun tidak satupun terbukti sebagai penyebab suara misterius tersebut.

"Kurasa aku hampir gila karena suara tersebut. Aku mendengar suara itu setiap malam, kecuali saat cuaca berangin atau sedang hujan," kata Linda Zammit, penduduk kawasan Woolston, Southampton. "Aku terkadang masih bisa tidur, tapi sekali aku terbangun, suara itu membuatku tak bisa tidur lagi," tambahnya. Sementara itu, Maria Dennett, penduduk Sholing, Southampton mengaku bahwa suara misterius berupa dengungan itu muncul nyaris teratur setiap malam. "Awalnya kami mengira itu suara mesin cuci atau mesin cuci piring milik tetangga. Namun karena sering terjadi, tidak mungkin hal itu penyebabnya," kata dia. Menurut Maria suara misterius itu bahkan mampu membuat rumahnya menjadi seakan bergetar.

Berbagai spekulasi sempat muncul mengenai asal suara misterius tersebut. Salah satu teori paling ilmiah dan masuk akal dikemukakan para ilmuwan. Menurut mereka penyebab suara misterius itu kemungkinan adalah sejenis ikan yang hidup diperairan di sekitar Southampton. Bukan sekedar ikan biasa, diduga suara itu dikeluarkan oleh ikan Midshipman yang sedang masuk masa kawin dan sedang mencari pasangan.

Midshipman jantan memang mengeluarkan suara dengungnga yang khas agar para betina tahu bahwa sang pejantan sedang birahi dan mencari pasangan. Ikan jantan tersebut mampu mengeluarkan dengungan selama berjam-jam. Suaranya makin keras jika ada kompetitor sesama jantan yang juga sedang mencari pasangan didekatnya. Para pejantan ini akan saling bersaing mengeluarkan suara untuk memikat ikan betina. Tapi mengapa efek suara ikan Midshipman ini bisa sangat mengganggu? Ternyata semua itu terjadi akibat ulah manusia sendiri. Para ilmuwan mengatakan, diduga kuat suara dari ikan itu terpantul oleh kapal dan bangunan-bangunan yang ada disekitar wilayah perairan Southampton.

Ilmuwan Inggris, Dr Ben Wilson, mengatakan bahwa hipotesa yang dikeluarkan oleh pihaknya ini merupakan penjelasan paling masuk akal atas fenomena suara misterius tersebut. "Memang ada 'ikan sonik' (Midshipman) di utara Atlantik yang dekat ke Selat Inggris," katanya. Apa yang terjadi di Southampton ini mirip dengan suara dengungan yang tenar di Seattle, Washington, AS. Penyebab kedua fenomena ini diduga sama, karena Midshipman diperkirakan berkembang biak di Perairan Duwamish di dekat Seattle. Fenomena yang dijuluki 'West Seattle Hum' tersebut terjadi sepanjang tahun lalu.
Bagikan Artikel Ini :

1 comments:

bunyi sangkakala

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger