10 Buku Yang Sampulnya Dari Kulit Manusia

Ditulis oleh pada Monday, October 7, 2013 - 09:49 dengan 1 komentar

10 Buku Yang Sampulnya Dari Kulit Manusia
Pembuatan sampul buku dari kulit manusia, sering juga disebut anthropodermic bibliopegy, ternyata bukan hanya ada dalam cerita-cerita fiksi dan horor saja. Walau praktek ini terkesan sangat menyeramkan jika dilakukan pada era modern seperti sekarang, ternyata pembuatan sampul buku dari kulit manusia adalah sesuatu yang biasa di peraktekkan pada abad ke 17. Teknik anthropodermic bibliopegy mulai terkenal saat terjadi revolusi Perancis. Berikut ini 10 buku paling terkenal yang bagian sampulnya dibuan dari kulit manusia.

1. A True and Perfect Relation of the Whole Proceedings Against the Late Most Barbarous Traitors

Buku ini berkisah mengenai kegagalan, penangkapan dan eksekusi dari sebuah kelompok yang dikenal dengan nama Gunpowder Plotter. Gunpowder Plotter merupakan sekelompok pendeta Katholik yang memberontak pada tahun 1605 dengan maksud untuk membunuh Raja James I yang beragama Protestan, anak sulungnya, serta anggota Parlemen dan Peradilan Inggris. Untuk melaksanakan pembunuhan ini mereka berencana untuk meledakkan Houses of Parliament.

Namun sayangnya usaha ini kemudian diketahui oleh pihak pemerintah dan semua orang yang terlibat di tangkap. Diantara para pelaku yang tertangkap tersebut ada dua orang yang kemudian namanya menjadi sangat terkenal, Guy Fawkes dan kepala Jesuit Inggris Henry Garnet. Kulit dari Henry Garnet inilah yang kemudian dijadikan sebagai sampul dari buku ini.

2. Practicarum Quaestionum Circa Leges Regias Hispaniae

Buku ini adalah salah satu koleksi buku langka yang tersimpan di Langdell Law Library, Harvard University. Di dalam duku ini dituliskan mengenai hukum di Spanyol. Pada halaman terakhir buku ini ada sebuah tulisan samar yang berbunyi :

“The bynding of this booke is all that remains of my deare friende Jonas Wright, who was flayed alive by the Wavuma on the Fourth Day of August, 1632. King btesa did give me the book, it being one of poore Jonas chiefe possessions, together with ample of his skin to bynd it. Requiescat in pace.”

Buku ini menjadi sebuah contoh dari praktek anthropodermic bibliopegy yang dilakukan untuk sebuah alasan sentimentil.

3.Leeds, England Ledger

Pada tahun 2006 sebuah buku besar yang diperkirakan berumur lebih dari 300 tahun ditemukan di pusat kota Leeds, Inggris. Tidak banyak yang diketahui mengenai buku ini, hanya diketahui buku tersebut di tulis dengan bahasa Perancis dan berasal dari sekitar tahu 1700-an. Hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan buku ini dibuat pada masa Revolusi Perancis, masa dimana anthropodermic bibliopegy meraih saat keemasannya.

4. Virgil’s Georgics

Jacques Delille merupakan seorang penyair Perancis yang juga tersohor akan kemampuannya dalan hal terjemahan. Salah satu buku hasil terjemahannya yang sangat populer adalah buku Virgil’s Georgics. Setelah kematian Delille, seseorang mencuri kulitnya dari dalam makam. Kulit itu kemudian digunakan sebagai sampul buku Virgil’s Georgics.

5. Samuel Johnson’s Dictionary

Samuel Johnson merupakan salah satu penulis terpenting dan lexicographers bahasa Inggris. Salah satu karya terbesarnya adalah sebuah kamus bahasa Inggris yang pertama diterbitkan pada tahun 1755. Dalam kamus ini terdapat sekitar 40.000 kata yang menjadikan kamus ini sebagai kamus paling lengkap saat itu. Pada tahun 1818 ada seorang narapidana bernama James Johnson yang dihukum mati dengan cara digantung di Norwich. Kulit James Johnson ini kemudian digunakan sebagai sampul dari kamus karangan Samuel Johnson tersebut.

6. Red Barn Murder Judicial Proceedings

Red Barn Murder merupakan sebuah kasus pembunuhan terkenal yang terjadi di Polstead, Suffolk, Inggris pada tahun 1827. Kisah ini bermula dari hubungan diluar nikah antara seorang wanita bernama Maria Marten dengan seorang penjahat bernama William Corder. Pada suatu waktu keduanya mengatur untuk melakukan pertemuan dan kawin lari di sebuah tempat bernama Red Barn. Namun ternyata Corder kemudian menembak Marten dan melarikan diri.

Jenazah Marten kemudian diketemukan setelah sang ibu terus bermimpi melihat anaknya tersebut dibunuh dan dikuburkan di Red Barn. Kasus pembunuhan yang ditindak lanjuti dengan penangkapan dan eksekusi William Corder ini kemudian menjadi sebuah berita yang menghebohkan di Inggris. Bahkan kisahnya menjadi inpirasi bagi lagu, permainan dan balada yang masih terkenal hingga kini. Kulit dari Corder kemudian digunakan sebagai sampul untuk sebuah buku yang mencatat data-data terkait kasus pembunuhan yang telah dilakukannya tersebut.

7. Narrative of the Life of James Allen, alias Jonas Pierce, alias James H. York, alias Burley Grove, the Highwayman, Being His Death-bed Confession to the Warden of the Massachusetts State Prison

James Allen adalah seorang perampok yang berasal dari Massachusetts. Pada suatu hari Allen harus mendekam dalam penjara setelah gagal saat mencoba merampok seorang pria bernama John A. Fenno di Massachusetts Turnpike. Selama percobaan perampokan, Fenno menahan serangan Allen, bahkan berhasil menghindari tembakan dari Allen. Tidak hanya mampu menghentikan aksi perampokan Allen, Fenno membawa Allen kepada pihak berwenang.

Menjelang kematiannya, Allen agar kulitnya dijadikan sebagai sampul dari salinan memoarnya yang telah ditranskrip oleh sipir penjara untuk kemudian diberikan kepada Fenno. Sampul buku ini memiliki tulisan “Hic Liber Waltonis Cute Compactus Est” yang jika diterjemahkan kurang lebih berarti "Buku ini menggunakan kulit [Allen] sendiri". Buku tersebut kemudian disumbangkan oleh keluarga Fenno kepada Anthenaeum Boston.

8. The Poetical Works of John Milton

Pada tahun 1830, seorang pembasmi tikus di Roborough yang bernama George Cudmore meracuni istrinya dengan arsenik melalui yang dibubuhkan pada apel panggang dan susu. Cudmore kemudian ditangkap dan digantung di Devon County Goal, Lent Assizes. Setelah kematiannya, jasad Cudmore lalu dibawa ke rumah sakit Exeter untuk diautopsi. Di rumah sakit, sepotong kulit Cudmore kemudian diberikan ke seorang penjual buku di Exeter yang bernama Mr W. Clifford. Kulit itu kemudian dibersihkan dan dibuat kecokelatan untuk digunakan sebagai sampul untuk salinan The Poetical Works of John Milton. Pada bagian depan buku terdapat tulisan yang menyebutkan Cudmore dan kejahatannya yang menyebabkannya dieksekusi. Buku ini sekarang disimpan di Westcountry Studies Library di Exeter.

9. Terres du Ciel

Camille Flammarion adalah seorang astronom dan penulis asal Perancis yang produktif dan memiliki banyak penggemar pada zamannya. Salah satu dari banyak penggemarnya "spesialnya" adalah seorang Putri kerajaan Prancis yang sayangnya harus mati muda karena TBC. Keduanya tidak pernah bertemu dalam kehidupan nyata. Namun, putri tersebut ternyata meminta agar kulit punggunya diambil dan disumbangkan kepada Flammarion. Dia meminta Flammarion menggunakannya sebagai sampul dari salinan buku berikutnya. Luar biasa, Flammarion setuju dan menjadikan kulit tersebut sebagai sampul salinan pertama dari buku berikutnya, Terres du Ciel. Pada buku ini dituliskan sebuah prasasti emas di sampul depan: "Pious fulfillment of an anonymous wish/ Binding in human skin (woman) 1882.". Buku ini sekarang ada di perpustakaan observatorium di Juvisy.

10. El Viaje Largo

Di Perpustakaan Bailey Slippery Rock University ada sebuah buku kecil aneh yang berisi puisi-puisi Spanyol yang erotis berjudul El Viaje Largo yang ditulis oleh Tere Medina. Buku ini dibungkus dengan menggunakan kulit manusia, sesuatu yang sangat mengejutkan mengingat bahwa buku itu seharusnya ditulis pada tahun 1972 dimana anthropodermic bibliopegy sudah ditinggalkan. Pada halaman pertama buku tersebut terdapat tulisan dalam bahasa Spanyol dan Inggris yang menyatakan bahwa sampul buku tersebut terbuat dari kulit manusia.

Sumber : Toptenz.net
Bagikan Artikel Ini :

1 comments:

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger