Raih 19 Gelar, Pria Makassar Disorot Dunia

Ditulis oleh pada Tuesday, July 23, 2013 - 08:13 dengan 5 komentar

Raih 19 Gelar Pria Makassar Disorot Dunia
Seorang pria asal Makassar bernama Welin Kusuma baru-baru ini menjadi sorotan media internasional atas prestasi yang diraihnya. Welin, 32 tahun, manjadi pemberitaan Weird Asia News berkat kesuksesannya mendapatkan 19 gelar pendidikan dan profesional. Hebatnya semua gelar tersebut mampu diraih Welin dalam waktu 13 tahun saja. Kini jika harus ditulis lengkap maka namanya adalah Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, AffWM, BKP, QWP.

Kebanyakan orang merasa heran bagaimana Welin mampu mendapatkan 19 gelarnya tersebut, meliputi 8 gelar sarjana (S1), 3 gelar master (S2), dan 8 gelar pelatihan profesional, dalam waktu hanya 13 tahun. Untuk meraih satu gelar sarjana saja kita butuh setidaknya 4 tahun. Ternyata kunci sukses Welin dalam meraih 19 gelar dalam 13 tahun adalah dengan mengikuti kelas paralel. Jadi Ia mengambil kuliah di beberapa Universitas sekaligus dalam satu waktu.

"Setiap semester saya maksimal mengambil 5 jurusan sekaligus. Dalam 2002 sampai 2005, rata-rata saya mengambil 100 SKS per semester. SKS terbanyak yang pernah saya ambil 111 SKS," kata Welin dalam surat elektronik kepada Liputan6.com.

Dengan mengambil kuliah di lima jurusan sekaligus, maka Welin harus berkuliah dari pagi hingga malam. Untuk menyiasati hal ini, maka Ia biasanya akan mengambil 2 kuliah pada pagi atau siang hari, 1 kuliah pada malam hari, 1 kuliah pada akhir pekan dan satu kuliah di Universitas terbuka yang tidak mengharuskannya bertatap muka.

Selain melelahkan, bukanlah sesuatu yang mudah untuk mengambil kuliah di lima jurusan sekaligus seperti ini. Setiap hari Welin harus bolak-balik dari satu kampus ke kampus yang lain. Belum lagi apabila ada jam perkuliahan dan ujian yang waktunya mepet atau berbarengan. "Setelah selesai kuliah, pada malam hari saya mengerjakan tugas-tugas. Kadang-kadang saya mengerjakan tugas bila ada kuliah yang dibatalkan atau di waktu kosong di sela-sela kuliah," jelas Welin.

Namun kerja keras Welin ini tidak sia-sia. Pria yang kini bekerja sebagai konsultan pajak ini berhasil meraih 19 gelar pendidikan. Gelar yang paling cepat diraihnya adalah gelar S1 Jurusan Administrasi Publik dari Universitas Terbuka yang diraihnya dalam 1,5 tahun dan gelar S2 Program Studi Teknik Industri dari ITS yang juga diraihnya dalam 1,5 tahun. Sementara untuk gelar yang paling lama diraih adalah S1 dari jurusan Teknik Informatika (S.Kom) Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) yang diselesaikan dalam waktu 9,5 tahun dan gelar S2 dari jurusan Program Studi Sains Manajemen Universitas Airlangga yang diselesaikan dalam waktu 5 tahun.

Berikut ini daftar lengkap 19 gelar yang telah diraih Welin sejauh ini :
1. Sarjana Manajemen Ekonomi (SE) besar di STIE Urip Sumoharjo, 2001
2. Sarjana Teknik (ST) Universitas Surabaya (Ubaya), 2004
3. Sarjana Hukum (SH) Universitas Airlangga 2002
4. Sarjana Administrasi Publik (S.Sos) Universitas Terbuka (UT) Surabaya, 2002
5. Sarjana Teknik Informatika (S.Kom) Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), 2002
6. Sastra Inggris (SS) Universitas Kristen Petra, 2003
7. Sarjana Administrasi Publik (SAP)
8. Sarjana Statistik (S.Stat)
9. Magister Teknik Industri (MT) Insitut Teknologi Surabaya (ITS), 2004
10. Master Ilmu Manajemen (MSM) Universitas Airlangga (Unair)
11. Magister Notaris (MKn) Universitas Airlangga (Unair)
12. Perencana Keuangan Terdaftar, Indonesia (RFP-I)
13. Pengembang Merek Profesional Bersertifikat (CPBD)
14. Manajemen Produk Profesional Bersertifikat (CPPM)
15. Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP)
16. Afiliasi manajer kekayaan (AffWM)
17. Konsultan Perpajakan Bersertifikat (BKP)
18. Perencana Keuangan Berkualitas (QWP)
19. Sumber Daya Manusia Profesional Bersertifikat (CPHR)

Bagikan Artikel Ini :

5 comments

Ngga kebayang bagaimana repot dan sibuknya... Yang jadi pertanyaan: berapa biaya yang harus Welin Kusuma keluarkan utk 19 gelar tersebut?

Balas

Kalao masalah biaya, gak terbayangkan lagilah bro... akwkakwkakwa

Balas

Minimal 19 bidang pekerjaan siap menampung...huebatttt! Bravo!

Balas

Begitu hebatnya memanage otaknya dengan berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Salut..!!

Balas

Wahh..hebatt nieh mas Welin Kusuma..tapi kalau dilihat dari wajahnya kayaknya keturunan Chines ya, gak kaget kalau gitu.hehe.
tapi sya tetep salut..coba kalau saya jadi Welin, bisa2 otak saya lgsung pecah.

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger