Modernisasi Barter Ala Kaum Muda Jepang

Ditulis oleh pada Friday, May 24, 2013 - 09:01 dengan tidak ada komentar

Modernisasi Barter Ala Kaum Muda Jepang
Barter merupakan salah satu tipe transaksi ekonomi paling tua di dunia. Sebelum manusia mengenal mata uang, barter merupakan satu-satunya sistem transaksi yang mungkin dilakukan untuk mendapatkan barang kebutuhan yang tidak kita miliki. Namun saat ini sistem barter ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat dunia, kecuali oleh beberapa suku-suku tertentu di beberapa daerah. Hal ini terutama dikarenakan sistem barter dinilai terlalu rumit untuk dilakukan. Tapi ternyata di Jepang, kaum muda mereka justru menemukan bahwa barter merupakan salah satu aspek yang mampu membuat bisnis mereka menjadi berkembang. Barter yang awalnya dianggap kuno perlahan mulai menjadi sebuah gaya hidup modern di Jepang.

Salah satu upaya modernisasi barter adalah peluncuran sebuah aplikasi android bernama "Watashi no kura" di Jepang, secara sederhana bisa kita artikan sebagai Rumah Barter. Aplikasi ini diluncurkan oleh sebuah perusahaan yang menjual barang-barang bekas bernama Office Buster. Lewat aplikasi ini kita bisa saling barter barang-barang yang kita inginkan dengan suatu kelompok khusus tertentu yang dapat kita pilih, misalnya teman dari sosial media atau orang-orang dengan hobi yang sama. Sang pengembang sendiri berharap, dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan orang dalam melakukan barter dan mengajarkan kepada kaum muda Jepang untuk tidak begitu saja membuang barang yang sudah tidak mereka butuhkan dan lebih baik menukarnya kepada orang lain.

Selain dengan peluncuran aplikasi, modernisasi barter juga dilakukan dengan cara menyediakan fasilitas barter untuk berbagai bidang usaha, bukan hanya terbatas pada barter barang dengan barang seperti di masa lalu. Salah satu contohnya adalah sebuah perusahaan IT bernama Timers yang berada di Tokyo. Perusahaan IT yang kelima karyawannya masih berusian 20-an tahun ini menawarkan jasa mereka untuk dibarter dengan barang. Salah satunya adalah saat mereka dibayar dengan kupon makanan oleh rumah makan Dinner Rush yang terletak di sekitar kantor mereka untuk membuatkan sebuah website. Setiap bulan, selama 5 bulan, masing-masing karyawan Timers akan mendapat 33 kupon makan gratis di Dinner Rush, setiap kupon ini bisa ditukarkan dengan satu macam hidangan.

Walau terkesan kuno, ternyata sistem barter ini ternyata memiliki banyak keuntungan. Menurut kaum muda di Jepang, lewat sistem barter ini mereka menjadi memiliki ikatan yang lebih baik dengan orang-orang yang bertransaksi dengan mereka. Sebuah traksasi ekonomi menjadi memiliki makna yang lebih baik berkat sistem barter ini. Selain itu berkat sistem barter ini pertokoan tradisional di Jepang juga mendapat banyak manfaat. Perekonomian di Jepang pada dasarnya di bangun dari pertokoan tradisional yang telah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu. Umumnya mereka sangat jarang melakukan promosi dan hanya mengandalkan pengunjung dari orang-orang yang pernah berkunjung ke sana dan pelanggan tetap saja, hal ini karena mereka merasa promosi hanya akan menghabiskan biaya yang besar. Namun dengan sistem barter yang mulai marak di Jepang, kini mereka tidak akan terlalu kesulitan untuk menemukan perusahaan periklanan yang bersedia memberikan jasa mereka dengan cara dibarter dengan barang.

Bagaimanapun sebuah tradisi pasti punya nilai-nilai kearifan tersendiri yang terkadang tidak kita ketahui. Jika sebuah tradisi sudah mulai dianggap kuno dan ditinggalkan, mungkin kitalah sebagai kaum muda yang harus berfikir bagaimana caranya mampu membuat tradisi tersebut menjadi lebih modern dan bisa diterima oleh masyarakat lagi. Jika kaum muda Jepang yang terkenal urakan dan sangat modern saja masih mau mengangkat hal-hal yang berbau tradisional, mengapa kita tidak melakukan hal yang sama.

Nb : Maaf selama sebulan terakhir saya terpaksa meninggalkan blog ini dalam keadaan vakum. Hal ini karena saya harus pergi keluar kota dan ada beberapa keperluan yang harus saya kerjakan sehingga saya tidak bisa menggurus blog ini. Insyaallah mulai hari ini saya sudah bisa kembali mengurus blog ini dan update artikel setiap harinya.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger