Berbagai MRT Paling Populer Di Dunia

Ditulis oleh pada Tuesday, April 2, 2013 - 21:39 dengan tidak ada komentar

MRT (mass rapid transit) adalah sebuah sistem transportasi publik berbasis rel yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak secara cepat. Biasanya sistem transportasi ini telah terintegrasi dengan mode transportasi yang lain seperti trem atau bus. Di Indonesia sendiri saat ini sedang hangat dibicarakan mengenai proyek pembangunan MRT di Jakarta, yang entah kapan akan selesai.

Di dunia sendiri sistem MRT bukanlah sesuatu yang baru. Telah banyak negara-negara di dunia yang telah sukses mengaplikasikan MRT untuk mengatasi masalah transportasi dan kemacetan di negaranya. Beberapa MRT itu kemudian menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu daya tarik wisata, seperti beberapa MRT paling populer berikut ini.

1. Copenhagen Metro, Denmark

Copenhagen Metro Berbagai MRT Paling Populer Di Dunia
Copenhagen Metro, dalam bahasa Denmark Københavns Metro, adalah sebuah sistem transportasi yang menghubungkan di Denmark yang menghubungkan kota Kopenhagen, Frederiksberg dan Tårnby. Sistem transportasi sepanjang 20.5 km ini dibuka antara tahun 2002-2007, dengan 22 stasiun yang 9 diantaranya berada di bawah tanah. Kesemua station ini dilengkapi dengan berbagai petunjuk perjalanan dan fasilitas-fasilitas bagi para penyandang cacat.

Seluruh sistem metro dan kereta yang digunakan diatur secara otomatis oleh komputer, terletak di Control and Maintenance Center (Pusat Kontrol dan Pemeliharaan) yang berada di sebelah selatan Stasiun Vestamanger. Sistem pengontrol kereta ini terdiri atas 3 subsistem yaitu ATP yang berfungsi mengatur kecepatan kereta, memastikan pintu kereta telah tertutup dan setingan telah benar. ATO yang berfungsi untuk memastikan kereta sesuai jadwal, berhenti di stasiun yang tepat dan membuka pintu kereta. Dan yang terakhir ATS yang berfungsi mengawasi segala hal di dalam jaringan, seperti semua rel dan kereta yang beroperasi, dan menampilkannya di kontrol panel.

2. Singapore MRT, Singapura

Singapore MRT Berbagai MRT Paling Populer Di Dunia
Singapore MRT adalah sebuah proyek transportasi yang didasari pada kesadaran Pemerintah Singapura bahwa mereka tidak akan mungkin mengandalkan bus sebagai transportasi publik dikarenakan terbatasnya area yang bisa digunakan untuk membangun jalan. Proyek ini dimulai pada tanggal 22 Oktober 1983 dengan dana awal sekitar 5 milyar dolar Singapura.

Saat ini Singapore MRT memiliki empat jalur yang meliputi North South Line (memiliki 25 stasiun), East West Line (memiliki 32 staiun), North East Line (memiliki 16 stasiun) dan Circle Line (memiliki 16 stasiun dari rencana sebanyak 31 stasiun). Selain itu sistem MRT ini juga terintegrasi dengan 4 jalur LRT.

3. London Tube, Inggris

London Tube Berbagai MRT Paling Populer Di Dunia
London Tube merupakan sistem kereta bawah tanah tertua di dunia, pada bulan Januari lalu mereka baru saja merayakan ulang tahun yang ke 150 tahun. Walaupun bukanlah MRT terbesar atau teribuk di dunia, London Tube telah menjelma menjadi salah satu ikon kota London yang sangat terkenal.

Saat ini London Tube bukanlah sekedar angkutan umum tapi lebih pada semacam sebuah "tempat wisata" bagi orang-orang yang berkunjung ke London. Berbagai suvenir khas London Tube seperti logo dan peta jalur London Tube menjadi salah satu suvenir yang paling dicari. Setiap tahun outlet resmi suvenir London Tube sukses meraup sekitar 2,5 juta pounds dimana sebesar 35% berasal dari turis asing. Nilai ini masih belum termasuk penjualan suvenir dari toko dan kios tidak resmi.

4. Metro Sao Paulo, Brasil

Metro Sao Paulo Berbagai MRT Paling Populer Di Dunia
Saat anda berkunjung ke Sao Paulo maka belum lengkap rasanya jika anda belum naik Metro Sao Paulo, dalam bahasa Portugis disebut Metropolitano de São Paulo. Sistem transportasi ini mulai dibangun pada 24 April 1968 dan mulai beroperasi pada 14 September 1974. Metro Sao Paulo merupakan sistem metro pertama dan terbesar di Brasil yang juga merupakan sistem metro terbaik di Amerika Selatan.

Metro Sao Paulo memiliki 5 jalur dan 62 stasiun dengan panjang jalur sekitar 74 kilometer. Setiap harinya sekitar 3,4 penumpang diangkut oleh Metro Sao Paulo dan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang pemerintah menempatkan polisi di tiap stasiun.

5. Metro de Paris, Perancis

Metro de Paris Berbagai MRT Paling Populer Di Dunia
Metro de Paris memiliki rute sepanjang 213 kilometer yang dilayani oleh 298 stasiun. Rute ini dibagi atas 16 jalur yang terdiri atas 14 jalur utama dan 2 jalur kecil yang disebut bis (jalur ini merupakan bagian dari jalur utama yang kemudian menjadi jalur independen yaitu 3bis dan 7bis). Sistem ini kemudian diperluas dengan jaringan ekspres menuju pinggiran kota yang disebut RER.

Kereta yang digunakan dibagi atas 2 macam, beroda besi (MF atau matériel fer) dan beroda karet (MP atau matériel pneu). Selain itu tiap kereta diberi angka yang melambangkan tahun perancangannya, bukan tahun awal pemakaian seperti pada kebanyakan angkutan lain. Salah satu hal yang unik dari Metro de Paris adalah walaupun termasuk salah satu MRT terbaik di dunia, kereta yang ada masih dibuka secara manual.


Sumber : Wikipedia
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger