Aktivitas Menyehatkan Sekaligus Membahayakan Kesehatan

Ditulis oleh pada Wednesday, February 13, 2013 - 16:12 dengan tidak ada komentar

Kita sebagai manusia tentu ingin selalu diberi kesehatan. Hampir tidak ada manusia di dunia ini yang ingin mengalami rasa sakit. Untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak sekali metode-metode yang dapat dilakukan. Akan tetapi beberapa metode tersebut ternyata memiliki bahaya tersembunyi yang tidak diketahui. Berikut ini adalah beberapa aktifitas yang menyehatkan tetapi juga berbahaya bagi kesehatan.

1. Mencuci Area Miss V Dengan Air Rebusan Daun Sirih

mencuci agina dengan rebusan sirih aktivitas yang menyehatkan sekaligus berbahaya bagi kesehatan

Daun sirih sejak jaman dahulu kala terkenal sebagai salah satu antibiotik alami yang banyak digunakan oleh manusia dan bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan bagi para wanita di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, daun sirih dipercaya dapat menjaga kesehatan Miss V. Cara yang paling umum dilakukan untuk memanfaatkan daun sirih guna merawat kesehatan Miss V adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk membilas atau mencuci Miss V. 

Cara ini memang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah di sekitar organ kewanitaan seperti keputihan, bau tidak sedap dan lain-lain. Tapi tahukah anda bahwa metode ini juga menyimpan bahaya yang tersembunyi, karena sifat dari daun sirih yang berupa antibiotik juga akan membunuh bakteri baik dalam Miss V. 

Pada dasarnya di dalam Miss V, terutama di sekitar sel epikel, terdapat bakteri baik dari golongan Lactobacillus. Bakteri ini berfungsi merubah glikogen sel epikel menjadi asam laktat. Asam laktat ini akan menjaga Miss V berada pada keasaman antara pH 3,8-4,5. Selain itu bakteri ini juga akan menjaga agar bakteri jahat tidak menempel pada sel epikel.

Penggunaan rebusan daun sirih untuk mencuci Miss V secara berlebihan, karena ternyata ada wanita yang melakukannya setiap hari bahkan ada yang melakukannya setiap pagi dan sore hari, dapat menyebabkan bakteri baik ini ikut mati. Disarankan kepada para wanita untuk melakukan metode ini tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu, atau lebih disarankan hanya pada saat mengalami masalah pada Miss V saja.

2. Mengunyah Kapur Sirih Atau Pinang

kapur sirih aktivitas yang menyehatkan sekaligus berbahaya bagi kesehatan

Mengunyah kapur sirih atau pinang mungkin sudah tidak terlalu populer dimasa sekarang. Akan tetapi metode ini terbukti sebagai cara yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan gigi dan mengoptimalkan pertumbuhan gigi dan rahang. Hal ini di karenakan saat kita mengunyah siri atau pinang maka rahang dan gigi kita akan dirangsang untuk tumbuh dan gigi kita juga mendapatkan asupan kalsium sehingga menjadi lebih kuat.

Lantas apa bahaya dari metode ini?? Berdasarkan penelitian, ternyata didalam daun sirih atau pinang yang kita kunyah tersebut, terdapat sebuah senyawa bernama safrole. Senyawa ini telah terbukti sebagai salah satu senyawa yang bersifat karsinogenik atau memicu kanker. Senyawa ini umumnya muncul karena sirih atau pinang tersebut terlalu lama dikunyah di dalam mulut, oleh karena itu disarankan untuk tidak mengunyah pinang atau sirih lebih dari 10 menit.

3. Banyak Minum Air

air putih aktivitas yang menyehatkan sekaligus berbahaya bagi kesehatan

Metode ini banyak dianjurkan oleh para dokter untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi mereka yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan dengan duduk atau berdiam diri. Beberapa manfaat minum air putih yang dikemukakan para ahli antara lain memutihkan kulit, menjaga berat badan tetap ideal, membantu mengeluarkan racun tubuh dan masih banyak efek-efek positif yang lain.

Tapi tanpa kita sadari mengkonsumsi air dalam jumlah besar juga bisa menimbulkan masalah bagi tubuh, salah satu maslah yang timbul adalah hiponatraemia. Ini adalah kondisi dimmana terlalu banyak asupan air yang masuk kedalam tubuh, akibatnya ginjal tidak mampu untuk mengeluarkan kelebihan air tersebut sehingga terserap kedalam sel-sel tubuh. Jika sel-sel yang menyerap kelebihan air tersebut hanya sel-sel biasa maka sel-sel tersebut akan mengembang hingga batas maksimumnya, akan tetapi kondisi yang fatal bisa terjadi saat kelebihan air tersebut ikut terserap oleh sel-sel otak. Sel-sel ini akan membesar dan kemudian pecah. Penderita akan mengalami kejang, koma, herniasi pada batang otak dan juga kematian.

Lalu seberapa banyak air yang harus kita minum agar tidak berlebihan?? Jawabnya tidak bisa dipastikan, karena sangat tergantung pada aktivitas kita sehari-hari. Lebih disarankan untuk minum hanya pada malam hari saat akan tidur, pagi hari saat baru bangun tidur dan pada saat anda merasa haus karena pada dasarnya haus adalah sebuah mekanisme tubuh untuk memberitahukan bahwa tubuh sedang kekurangan air.

Semoga bermanfaat. CMIIW

Sumber : Facebook, Informasitips.com
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger