Melihat Menu Makanan Khusus Astronot NASA

Ditulis oleh pada Monday, May 5, 2014 - 07:23 dengan tidak ada komentar

Melihat Menu Makanan Khusus Astronot NASA
Jika memikirkan tentang pekerjaan sebagai seorang astronot, pernakah anda memikirkan tentang apa yang mereka konsumsi? Berada di lingkungan yang ekstrem dan dengan lingkungan yang tanpa gravitasi tentu bukanlah sebuah kondisi yang ideal bagi manusia. Dalam kondisi tersebut, para astronot ini membutuhkan asupan makanan dengan gizi yang seimbang agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Selain permasalahan gizi, makanan ini juga harus mudah di konsumsi dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.
 
Seperti yang dilansir dari Amusingplanet.com, NASA sebagai lembaga pemerintah di Amerika Serikat yang menangani berbagai program luar angkasa bahkan sampai memiliki sebuah departemen khusus yang bertugas untuk meneliti dan mengembangkan makanan bagi para astronot. Departemen ini dinamakan NASA's Advanced Food Technology Project. Selama 50 tahun terakhir, mereka telah melakukan berbagai riset mengenai metode pengemasan dan penyajian makanan bagi para kru pesawat luar angkasa.

Untuk urusan menu, makanan yang disediakan ternyata tidak berbeda jauh dengan menu makanan biasa di bumi. Yang berbeda hanyalah makanan tersebut disajikan dengan memperhatikan standar gizi khusus dan dikemas sedemikian rupa agar bisa awet lebih lama. Yuri Gagarin menjadi orang pertama yang menikmati menu khusus berupa daging tumbuk dan saus cokelat yang dikemas dalam sebuah tabung menyerupai pasta gigi. 

John Glenn merupakan orang pertama yang mencoba makan makanan di dekat orbit Bumi yang hampa udara. Menurut Glenn, tidak sulit untuk makan di area tersebut. Hanya saja makanan harus disesuaikan ukurannya agar lebih mudah. Menurut para astronot yang telah merasakan langsung makanan-makanan khusu luar angkasa tersebut, walau makanan ini memiliki rasa yang lumayan enak akan tetapi kurang mampu membangkitkan selera makan karena bentuk asli dari makanan tersebut yang sudah berubah.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger