5 Lubang Mengerikan Yang Tercipta Karena Manusia

Ditulis oleh pada Thursday, April 3, 2014 - 09:34 dengan 2 komentar

Manusia dan perusakan, dua hal ini tampaknya menjadi sesuatu yang sulit untuk dipisahkan. Hampir disetiap jengkal bumi yang pernah di kunjungi manusia, kita bisa menemukan adanya kerusakan alam. Segala cara ditempuh oleh manusia demi memenuhi ambisi dan keinginannya. Mereka tak perduli jika nantinya tindakan yang mereka lakukan akan menimbulkan dampak negatif terhadap bumi yang ditinggalinya. Dengan tubuhnya yang kecil, manusia bisa menyebabkan kerusakan yang mengerikan di bumi.

1. Kawah Gas Bumi Darvaza (Turkmenistan)

5 Lubang Mengerikan Yang Tercipta Karena Manusia
Pada tahun 1971, di tambang ini ditemukan adanya deposit gas alam dalam jumlah besar oleh seorang ahli geologi. Namun, penggalian yang dilakukan ternyata kemudian malah meruntuhkan dinding tambang dan meninggalkan sebuah lubang besar. Untuk mencegah kandungan gas yang mungkin beracun tersebut keluar, lubang ini pun kemudian dibakar. Siapa sangka tambang itu ternyata masih tetap terbakar hingga sekarang.

Kawah ini berada di sekitar gurun Karakum di Turkmenistan. Kondisi kawah gas bumi Darvaza yang terbakar dan tampak mengerikan tersebut kemudian membuatnya disebut The Door to Hell atau Pintu Neraka. Pada malam yang gelap, cahaya dari pembakaran di kawah ini dapat dilihat bermil jauhnya dan bau belerang dari gas yang ada dikawah ini dapat dideteksi dari jarak cukup jauh.

2. Tambang Berlian Kimberley (Afrika Selatan)

5 Lubang Mengerikan Yang Tercipta Karena Manusia
Kota Kimberley di Afrika Selatan telah lama dikenal sebagai salah satu pusat pertambangan berlian. Kimberley Big Hole dan Tambang Museum Kimberley kini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Afrika Selatan yang menjadi bukti sejarah pertambangan berlian di kota tersebut. Pertambangan berlian di kota ini dimulai setelah seorang pria bernama Erasmus Jacobs menemukan kerikil putih di samping Sungai Orange dekat Hopetown pada tahun 1866.

Setelah dilakukan pemeriksaan terungkap bahwa kerikil itu sebenarnya berlian berukuran 21,25 karat. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1871, berlian lain yang lebih besar (83,50 karat ) ditemukan di lereng Colesberg Kopje. Peristiwa ini membuat ribuan penambang membanjiri daerah ini. Dalam waktu singkat, bukit di daerah ini menghilang dan berubah menjadi lubang besar.

3. Bingham Canyon Mine (Amerika Serikat)

5 Lubang Mengerikan Yang Tercipta Karena Manusia
Bingham Canyon Mine atau juga dikenal sebagai Kennecott Copper Mine, adalah sebuah pertambangan tembaga terbuka yang terletak di barat daya Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, di Pegunungan Oquirrh. Tambang ini dimiliki oleh Rio Tinto Group, sebuah perusahaan pertambangan dan eksplorasi internasional yang memiliki kantor pusat di Inggris.

Kawasan ini telah ditetapkan sebagai sebuah Landmark Nasional Bersejarah pada tahun 1966, dengan nama Bingham Canyon Open Pit Copper Mine. Tambang ini baru saja mengalami longsor besar pada bulan April 2013. Diperkirakan lubang tambang ini memiliki lebar 4 km dengan kedalaman 1,2 km. Lubang ini tercatat sebagai lubang buatan manusia terbesar yang pernah ada.

4. Tambang Berlian Mirny (Siberia)

5 Lubang Mengerikan Yang Tercipta Karena Manusia
Tambang Berlian Mirny memiliki kedalaman 525 meter dan diameter 1200 meter. Penggalian di pit ini dimulai pada tahun 1955 untuk memenuhi kebutuhan Uni Soviet untuk industri berlian setelah perang. Tambang yang telah ditinggalkan ini terletak di Mirny, Siberia Timur, Rusia.

Ini merupakan lubang buatan manusia terbesar kedua di dunia, setelah Bingham Canyon Mine. Wilayah udara di atas tambang ini ditutup untuk helikopter karena dianggap berbahaya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan suhu udara antara bagian dalam dan bagian luar lubang ini sehingga sering menyebabkan munculnya arus udara yang tak terduga.

5. Tambang Diavik (Kanada)

5 Lubang Mengerikan Yang Tercipta Karena Manusia
Tambang Diavik adalah tambang berlian di North Slave Region of the Northwest Territories, Kanada, sekitar 300 kilometer di utara Yellowknife. Tambang ini telah menjadi bagian penting dari perekonomian daerah, yang mempekerjakan sekitar 700 orang, dan memproduksi 7,5 juta karat berlian per tahun.

Tambang ini dimiliki atas patungan antara Dominion Diamond Corporation dan Diavik Berlian Mines Inc., anak perusahaan Rio Tinto Group. Umur tambang ini diperkirakan akan mencapai 16 sampai 22 tahun.
Bagikan Artikel Ini :

2 comments

Kenapa ya pdahal manusia iu mahkluk tuhan yg pling sempurna tpi ksempurnaan tersebut membuat mereka mempercacat ciptaan tuhan lainx.

Balas

Alhamdulillah dapat Ilmu

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger