Gerhana Matahari Ring Of Fire Hiasi Langit Siang Ini

Ditulis oleh pada Tuesday, April 29, 2014 - 07:15 dengan tidak ada komentar

Gerhana Matahari Ring Of Fire Hiasi Langit Siang Ini
Sebuah fenomena gerhana matahari menakjubkan yang menyerupai sebuah cincin akan menghiasi langit siang ini. Fenomena gerhana matahri yang sering juga disebut dengan "Ring of Fire" ini diperkirakan akan terjadi pada siang ini waktu Indonesia. Saat fenomena ini terjadi, bulan berada di titik terdekat dengan bumi dan berada diantara bumi dan matahari. Namun sayangnya tidak semua tempat di bumi bisa menyaksikan fenomena indah ini. Lantas adakah wilayah di Indonesia yang bisa menikmati fenomena Ring of Fire?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menyatakan, gerhana matahari cincin akan terjadi pada Selasa pagi menjelang siang. Gerhana cincin "Ring of Fire" hanya akan bisa dilihat di daratan Antartika, Kutub Selatan. Sementara di beberapa tempat lain di dunia, kita hanya akan melihat fase lain dari gerhana Matahari.

Fase lain dari gerhana tersebut bisa dilihat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebagian wilayah selatan Jawa Tengah, sebagian selatan Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Gerhana sebagian juga bisa disaksikan dari Tasmania, Brisbane, dan Sydney, Australia. "Namun itu tergantung cuaca pada siang hari, apakah gelap atau tidak," terang Thomas. Untuk beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang dan Surabaya bahkan tidak akan mengalami gerhana sama sekali.

Proses gerhana diawali kontak awal penumbra yang diperkirakan terjadi pada Selasa pagi, sekitar pukul 10:52:38 WIB. Kemudian kontak awal umbra akan dicapai pada 12:57:35 WIB. Dilanjutkan dengan puncak gerhana pada sekitar pukul 13:03:25 WIB. Kemudian kontak akhir umbra akan terjadi pada sekitar 13:09:36 WIB dan kontak akhir penumbra pada sekitar 15:14:29 WIB.

"Proses kontak awal gerhana, tengah gerhana dan akhir gerhana matahari dilihat dari satu kota akan berbeda dengan kota yang lainnya. Hal ini berbeda dengan gerhana bulan yang proses kontak awal, tengah dan akhir gerhana hampir serentak untuk seluruh permukaan bumi, hanya berbeda jamnya karena faktor time zonenya saja," demikian yang dijelaskan di laman Nu.or.id.

Astronomer Slooh Bob Berman menilai gerhana matahari "Ring of Fire" akan terlihat sangat fantastis. "Gerhananya bakal luar biasa, ketika bagian bulan hitam bulan mengaburkan penampakan matahari. Melihat gerhana ini bakal jadi penampakan yang tak terlupakan," ujarnya seperti dimuat SPACE.com.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger