Gejala Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Ditulis oleh pada Tuesday, March 25, 2014 - 09:38 dengan tidak ada komentar

Gejala Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya
Saat kita sakit, kita umumnya akan melihat dulu gejala-gejala yang kita alami sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Umumnya kita akan memutuskan memeriksakan diri ke dokter setelah mengalami gejala seperti nyeri dada atau kram perut. Tapi jangan salah, ternyata beberapa gejala yang sering kita anggap remeh ternyata bisa jadi merupakan pertanda penyakit berbahaya yang tak jarang bisa mengancam nyawa kita.

1. Sesak napas

Menurut mayo Clinic, jika Anda mengalami sesak napas terutama saat anda sedang tidak berolahraga, ini bisa jadi merupakan indikasi adanya gangguan pada fungsi paru-paru. Jenis penyakit yang mungkin terjadi seperti asma, pneumonia, dan penyakit obstruktif paru kronis yang bisa membuat bekuan darah di paru-paru. Oleh karena itu, perlu untuk segera memeriksakannya ke dokter. Sesak napas juga bisa disebabkan karena serangan panik akibat terlalu cemas.

2. Sensasi kilatan cahaya

Seperti melihat kilatan cahaya di salah satu atau kedua mata bisa jadi indikasi imminent retinal detachment, demikian dikatakan allaboutvision.com. Selain itu, gangguan retina lainnya juga bisa berupa penglihatan kabur atau berbayang. Penting untuk segera mengunjungi dokter karena umumnya kerusakan di retina berisiko lebih tinggi menyebabkan kebutaan.

3. Berat badan turun

Umumnya sebagian besar orang, terutama wanita, akan merasa senang saat bobotnya bisa turun. Tapi ada baiknya anda berhati-hati jika hal itu terjadi tanpa sebab. Berat badan yang turun tanpa sebab bisa jadi indikasi kanker, diabetes, atau gangguan hati. Penurunan berat badan yang terjadi bisa bervariasi antara lima persen dalam satu bulan atau sepuluh persen dalam enam bulan.

4. Buang air besar jadi tidak teratur

Menurut American Cancer Society, jika Anda tiba-tiba diare atau sembelit selama beberapa hari disertai tinja berdarah atau berwarna hitam, bisa jadi Anda mengalami radang usus atau kanker usus besar. Meskipun, masalah lain yang bisa terjadi adalah infeksi bakteri seperti salmonella atau adanya virus.

5. Demam terus-terusan

Jika Anda demam dan suhu tubuh mencapai 37 celcius selama dua minggu atau lebih, Anda bisa jadi mengalami infeksi tuberkulosis di saluran kemih. Menurut guide.com, demam ringan yang berlangsung selama beberapa waktu bisa jadi indikasi leukimia.

6. Sakit kepala tiba-tiba

Terutama untuk Anda yang berusia 50 tahun lebih, jika tiba-tiba merasakan sakit kepala seperti tertusuk-tusuk apalagi jika sebelumnya mengalami cedera di kepala, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter. Menurut Neurology Muscular Dystrophy and Neuropathy Institute, sakit kepala seperti itu apalagi disertai demam, lemas, kejang, sulit bicara, dan mati rasa bisa menandakan stroke atau tumor otak.

7. Sulit bicara dan mati rasa selama beberapa waktu

Dikatakan Mayo Clinic, jika tiba-tiba Anda tidak bisa bicara, bergerak, dan beberapa bagian tubuh mati rasa selama beberapa menit, bisa jadi itu gejala stroke. Selain itu, ada pula gejala stroke lainnya seperti :
- Mati rasa di satu sisi tubuh
- Pandangan kabur, gelap, atau tidak bisa melihat
- Tubuh tiba-tiba goyah dan kehilangan keseimbangan
- Sakit kepala parah mendadak

8. Makan sedikit tapi kenyang

Jika rasa kenyang terjadi lebih dari seminggu padahal selama itu Anda makan hanya sedikit, ada baiknya Anda segera ke dokter. Terutama saat rasa kenyang itu disertai mual dan muntah, ini bisa jadi indikasi gangguan pencernaan. Selain itu, University of Maryland Medical Center menyebut masalah lain yang bisa terjadi yaitu gangguan di kantong empedu, dan kondisi yang lebih serius seperti kanker pankreas atau kanker ovarium.

9. Sendi panas, bengkak, dan merah

Kondisi ini bisa jadi gejala arthritis atau cedera yang terjadi karena terlalu stres. Namun, diterangkan dalam WebMD, persendian yang panas, bengkak, dan merah bisa jadi tanda infeksi pada sendi, terutama saat dibarengi dengan nyeri di dalam sendi dan terasa kaku.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger