Ternyata Kangkung Adalah Tanaman Ilegal Di Amerika

Ditulis oleh pada Wednesday, September 18, 2013 - 13:18 dengan 5 komentar

Ternyata Kangkung Adalah Tanaman Ilegal Di Amerika
Bagi sebagian negara-negara di Asia, terutama wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur Jauh, kangkung merupakan jenis tanaman yang sangat populer dan memiliki banyak sekali penggemar. Selain karena rasanya yang nikmat, kangkung juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Tapi ternyata hal ini tidak berlaku di Amerika. Di negara tersebut tanaman kangkung termasuk kedalam kategori tanaman ilegal dan jika ditemukan aparat terkait berhak untuk memusnahkannya.

Tanaman kangkung, dalam istilah botani disebut Ipomoea aquatica, memiliki panggilan yang berbeda di beberapa negara. Beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan tanaman kangkung antara lain water spinach, water morning glory, water convolvulus, morning glory, ong-choy atau swamp cabbage. Secara mengejutkan ternyata tanaman yang banyak kita jumpai di Indonesia ini ternyata dinyatakan sebagai tanaman berbahaya oleh Federal Noxious Weed Act.

Federal Noxious Weed Act sendiri merupakan sebuah badan di Amerika yang bertugas untuk mengawasi pertumbuhan dan penyebaran segala jenis tumbuhan di negeri tersebut. Dengan kewenangan yang diberikan oleh Sekretaris Kementrian Agrikultur Amerika, badan ini berhak untuk melakukan penetapan terhadap tanaman yang dianggap berbahaya dan melakukan tindakan yang diperlukan terhadap tanaman tersebut termasuk memusnahkannya.

Berdasarkan sebuah daftar yang dikeluarkan oleh Federal Noxious Weed Act, tanaman kangkung termasuk dalam tanaman yang berbahaya. Melakukan impor atau penyebaran tanaman kangkung, termsasuk juga benihnya, antar negara bagian di Amerika dinyatakan sebagai sesuatu yang ilegal. Pada beberapa negara bagian, tanaman kangkung dinyatakan tetap boleh ditanam untuk konsumsi yang bersifat pribadi dan harus dengan seizin badan yang berwenang.

Lantas kenapa sebenarnya tanaman kangkung dilarang di Amerika? Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa benih, bunga dan daun tanaman kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut alkaloid ergoline. Senyawa ini selama berabad-abad telah digunakan banyak kebudayaan penduduk Mexico sebagai sebuah entheogen (sebutan senyawa psychoactive yang digunakan dalam kegiatan keagamaan atau spiritual) dan diklasifikasikan sebagai hallucinogens.

Benih dari morning glory kabarnya mampu menghasilkan efek yang sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide) ketika diambil dalam jumlah yang besar. LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya. Tampaknya pemerintah Amerika yang menyadari bahaya penyalahgunaan tanaman kangkung tersebut memilih untuk melakukan tindakan pencegahan terlabih dahulu.

Update (20 September 2013)
Setelah melakukan penelusuran lebih jauh, saya menemukan satu lagi alasan mengapa kangkung dilarang di Amerika. Menurut sebuah sumber pelarangan kangkung di Amerika kemungkinan juga disebabkan karena kangkung dianggap sebagai hama dan merugikan habitat. Saya sendiri tidak mengerti yang dimaksud dengan merugikan habitat, mungkin kasusnya mirip dengan kasus eceng gondok. Disebutkan juga bahwa pemilik sebuah toko Asia di Iowa kabarnya sempat dijatuhi denda karena menjual kangkung.
Bagikan Artikel Ini :

5 comments

Maaf sebelumnya, Saya tidak setuju dengan artikel ini karena ketika saya hidup di Amerika selama 8 th, saya bisa membeli kangkung dengan bebas di supermarket asia. Kalau memang dilarang...mengapa banyak sekali toko di amerika yang menjualnya? kalau tidak percaya...coba penulis pergi ke daerah chinatown di new york (or every chinatown in USA)...pasti penulis akan menemui banyak kangkung di jual di toko2 itu.

Balas

Terimakasih atas masukannya.

Seperti kita ketahui di Amerika sistem perundangannya sedikit berbeda dengan di Indonesia. Di Amerika tiap negara bagian punya kebijakan tersendiri terhadap suatu masalah. Hal ini juga terjadi pada masalah kangkung ini.

Sebagai contoh di Florida, di sini menanam kangkung benar-benar dianggap sebagai sesuatu yang dilarang. Sementara di Texas kangkung masih bisa ditanam untuk konsumsi pribadi.

Di beberapa negara bagian kangkung memang masih diperbolehkan untuk ditanam dan dijual. Tetapi dari apa yang saya ketahui hanya tempat2 tertentu yang boleh menjual misalnya di chinatown atau restoran china. hal ini didasari pada kebijakan yang menganggap kangkung sebagai bagian dari "budaya" masyarakat china.

tetapi pada umumnya, kangkung termasuk tanaman yang bersifat ilegal di Amerika mengacu pada peraturan dari Federal Noxious Weed Act.

sekali lagi terimakasih atas masukannya dan maaf kalau penjelasan saya dianggap tidak pas.

Balas

Ya saya akui tidak semua negara bagian di amerika meng-ilegal kan tanaman kangkung , semua negara bagian memiliki UU pemerintahan federal, Montecarlo, Nebraska , sebagian washington , Montana, dll Kangkung bisa di jual belikan walau kadang saya sempat bingung darimana mereka mendapatkan dan pengolahannya : wah, jauh beda dngan indonesia. Saya pernah lihat di china town kangkung dijual dengan campuran keju, bahkan di rebus dulu baru di panggang dengan daging. rasanya jadi asam asam tdak jelas. Sekali Lagi sekalipun Federal Nox.weed act menyatakan itu tapi badan Drugs Enforcement Agency ( DEA ) belum menklarifikasi hal tsb. Trims

Balas

Benar pak, seperti halnya dengan tanaman ganja (cannabis) juga dilarang di Amerika, tapi khusus di negara bagian Colorado dan Washington, ganja sekarang legal untuk orang dewasa berusia 21 thn keatas.

Klo mau tahu info tentang Cannabis, silahkan jalan2 ke blog saya: www.indoganja.com

Thx 'n salam smile :)

Balas

Kangkung memang enak ,tp sebagian org pun tidak di anjurkan memakannya,contoh y org yang mempunyai penyakit rematik,jika ia mengkonsumsi kangkung maka reumatik y akan kambuh

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger