Hacker Bobol Situs Apple Developer Center

Ditulis oleh pada Monday, July 22, 2013 - 12:04 dengan tidak ada komentar

Hacker Bobol Situs Apple Developer Center
Situs Apple Developer Center, situs dimana para pengembang bisa mendapatkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi bagi Macs, iPhones, dan iPads, saat ini sedang mengalami masalah dan tidak bisa dikunjungi oleh para pengembang aplikasi mereka sejak sekitar tiga hari yang lalu. Setiap kali situs tersebut coba dibuka yang muncul di layar hanyalah sebuah pemberitahuan bahwa situs tersebut sedang dalam proses perbaikan. Pihak Apple sendiri akhirnya pada hari Minggu lalu mengkonfirmasikan secara resmi melalui email kepada para pengembang bahwa penutupan akses sementara waktu ini disebabkan karena situs tersebut telah mendapatkan serangan dari hacker.

Akibat serangan hacker ini di sinyalir beberapa data penting yang berhubungan dengan nama, email dan alamat dari para developer telah berhasil dicuri. Meski pihak Apple menyebutkan bahwa data-data yang dicuri itu telah terenkripsi, namun tidak ada jaminan bahwa data-data tersebut tidak bisa diakses oleh para hacker itu. Kecurigaan berhasil diaksesnya data tersebut diperkuat dengan pernyataan beberapa developer yang mengaku telah menerima pemberitahuan tidak resmi dan berulang-ulang untuk melakukan reset pada pasword yang mereka gunakan pada situs tersebut. Beruntungnya saat ini belum ada laporan bahwa data-data yang bocor tersebut telah digunakan untuk melakukan sesuatu yang merugikan.

Bagi para pengembang penutupan sementara Apple Developer Center ini membuat mereka tidak bisa mengakses versi beta iOS 7 atau berdiskusi mengenai pengembangan dan perbaikan aplikasi dengan para pengembang yang lain. Para pengembang juga bertanya-tanya mengapa Apple harus menunggu begitu lama untuk memberitahukan pembobolan tersebut kepada mereka. Selain itu mereka juga masih menerka-nerka kapan kira-kira situ Apple Developer Center akan kembali beroperasi.

Berikut ini kutipan isi email yang disampaikan pihak Apple kepada para pengembangnya.

"Kamis lalu, seorang penyusup mencoba mencuri informasi pribadi para developer kami yang telah terdaftar melalui developer website. Informasi pribadi telah terenkripsi dan tidak bisa diakses, tetapi kami tidak bisa menjamin kemungkinan nama, alamat, dan/atau email yang berhasil diakses. Dengan mengusung semangat transparansi, kami informasikan hal ini. Kami segera mengambil alih situs langsung pada hari Kamis itu, dan sedang berusaha melakukan pembenahan sejak saat itu.

Untuk mencegah gangguan keamanan seperti ini terjadi lagi, kami tengah melakukan perbaikan secara menyeluruh pada sistem developer, melakukan update server software, dan membangun ulang keseluruhan database. Kami mohon maaf atas ketidak-nyamanan ini dan kami harap situs developer ini bisa diakses secepatnya."
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger