Beginilah Cara Mesin Pencari Google Bekerja

Ditulis oleh pada Thursday, July 25, 2013 - 07:04 dengan tidak ada komentar

Beginilah Cara Mesin Pencari Google Bekerja
Saat ini bisa dikatakan Google merupakan salah satu situs yang tak bisa kita lepaskan dari kehidupan manusia. Setiap harinya, tak terhitung berapa banyak manusia di bumi yang membuka situs yang satu ini. Selain karena keakuratannya, Google memiliki keunggulan pada kecepatannya dalam melakukan penelusuran. Tapi pernahkah kita berfikir bagaimana sebenarnya cara Google bekerja sehingga bisa dihasilkan pencarian dengan tingkat kecepatan dan keakuratan yang menakjubkan? Ternyata sebuah sistem yang sangat rumit berada dibalik tampilan sederhana halaman Google.

Untuk bisa menghasilkan pencarian yang cepat dan akurat, hal pertama yang dilakukan oleh google adalah melakukan crawling dan membuat index. Google akan menelusuri setiap halaman yang ada di dunia maya, yang jumlahnya mencapai trilyunan dan terus bertambah setiap harinya. Mereka hanya akan menelusuri halaman-halaman yang diizinkan untuk ditelusuri oleh pemiliknya. Setelah mendapatkan data setiap halaman yang ada, Google akan mulai membagi setiap halaman dalam berbagai kategori yang paling relevan dan kemudian disebut index, menurut Google data di dalam index ini setara dengan 100 juta gigabytes.

Setelah memiliki database yang luar biasa tersebut, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Google adalah membuat program dan formula yang tepat sehingga halaman yang tepat bisa muncul untuk setiap pencarian. Ditambah dengan sistem pemberian rangking atau peringkat pada tiap halaman, Google berharap hanya hasil yang paling relevan dan tepat sajalah yang muncul. Berbagai fitur pendukung juga ditambahkan, seperti pengecekan ejaan, sinonim, dan autocomplete, sehingga terasa seperti mengerti apa yang kita inginkan.

Untuk lebih memahami cara kerja Google, silahkan melihat ilustrasi dan ganbaran secara lengkapnya di situs resmi Google ini. Jangan lupa juga lihat pada bagian bawah halaman tersebut dan Anda akan punya sedikit gambaran mengenai seberapa banyak Google melakukan pencarian setiap harinya. Larry Page, CEO dan pendiri Google, pernah berkata "Mensin pencari yang sempurna akan mengerti apa yang kamu maksudkan dan memberikanmu apa yang kamu inginkan", dan sepertinya dengan semangat inilah Google terus berkembang.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger