Satu-Satunya Vertebrata Berdarah Bening

Ditulis oleh pada Tuesday, April 9, 2013 - 17:58 dengan tidak ada komentar

Selama ini kita selalu beranggapan bahwa setiap vertebrata pasti memiliki hemoglobin dalam tubuhnya, hemoglobin ini berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan menyebabkan darah kita berwarna merah. Tapi ternyata anggapan ini salah karena saat ini telah ditemukan ikan yang darahnya tidak berwarna merah. Ikan yang ditemukan di daerah antartika ini memiliki darah yang bening seperti air dan tidak memiliki sisik.

Ikan ini pertama kali ditemukan sekitar 2011 lalu, diperairan disekitar antartika pada kedalaman 3.300 kaki, sekitar 1 kilometer dari permukaan laut. Spesimens dari ikan unik ini bisa kita saksikan di Tokyo Sea Life Park. Sampai saat ini para peneliti dibuat bingung dengan bagaimana caranya ikan unik ini dapat bertahan hidup tanpa adanya hemoglobin yang mengantarkan oksigen dalam darah.

Beberapa teori sempat muncul mengenai bagaimana ikan ini bisa bertahan hidup. Pertama karena jantung besar yang dimiliki ikan ini, sebagian peneliti berpendapat jantung ini mampu mengantarkan oksigen dengan memanfaatkan plasma darah. Kedua karena kulit ikan ini yang tidak memiliki sisik, kulit ini dipercaya mampu menyaring oksigen secara langsung dari air dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Namun sampai saat ini tidak ada satupun fakta yang bisa menguatkan kedua teori tersebut.


Sumber : Oddity Central
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger