Hewan-Hewan Berwarna Unik

Ditulis oleh pada Friday, March 1, 2013 - 11:39 dengan tidak ada komentar

Di dunia ini terdapat begitu banyak jenis hewan yang hidup. Setiap hewan dianugerahi oleh ALLAH dengan berbagai ciri-ciri yang unik. Ciri itu bisa meliputi bentuk, perilaku atau warna yang khas. Tapi ternyata tidak setiap hewan memiliki ciri yang sama persis dengan spesies sejenisnya beberapa hewan memiliki warna yang khas sehingga terlihat unik. Inilah beberapa hewan berwarna unik yang ada di dunia.

1. Beruang Kutub Berwarna Hijau

Hewan-Hewan Berwarna Unik
Hewan-Hewan Berwarna Unik











Beruang kutub, umumnya memiliki bulu berwarna putih. Tapi di sebuah kebun binatang bernama Higashiyama Zoo and Botanical Gardens di Jepang, beberapa beruang kutub yang mereka miliki berbulu hijau. Para pengunjung yang berada di kebun binatang ini mengaku sangat terkejut melihat beruang berwarna unik ini. Kebanyakan pengunjung merasa khawatir akan kesehatan si beruang ini.

Berdasarkan penelitian perubahan warna pada bulu beruang kutub ini diperkirakan karena ganggang yang hidup di kolam tempat ketiga beruang ini biasa bermain. Karena temperatur yang sangat tinggi di Jepang pada bulan Juli dan Agustus dan upaya penghematan air sehingga kebun binatang jarang mengganti air, menyebabkan jumlah ganggang dalam kolam meningkat pesat. Ganggang itu kemudia masuk kesela-sela bulu beruang dan karena ternyata ganggang-ganggang ini sulit dihilangkan maka para beruang kurub ini tampaknya harus pasrah memiliki warna hijau.

2. Kepiting Berwarna Ungu

Hewan-Hewan Berwarna Unik
Hewan-Hewan Berwarna Unik












Di Philipina telah di temukan empat spesies kepiting berwarna ungu. Kepiting-kepiting ini ditemukan hidup dibawah bebatuan dan memakan tanaman mati, buah serta binatang-binatang kecil di sungai tersebut. Kepiting-kepiting unik ini memiliki cangkang berwarna ungu dengan capit dan kaki yang berwarna merah.Para peneliti berpendapat, kemungkinan warna ini berkaitan dengan fungsi sinyal dan perilaku sosial kepiting tersebut.

Kepiting tersebut tepatnya ditemukan di wilayah Palawan. Penelitian terhadap spesies di wilayah ini telah dilakukan sejak tahun 1980, di mana saat itu ditemukan spesies Insulamon unicorn. Studi lanjut kemudian menemukan spesies kepiting lain yang juga termasuk dalam genus Insulamon. Spesies kepiting terbesar yang ditemukan bernama Insulamon magnum berukuran 53 mm x 41,8 mm. Sementara yang terkecil, Insulamon porculum, berukuran 33,1 mm x 25,1 mm. Dua spesies lain yang ditemukan bernama Insulamon palawense dan Insulamon johannchristiani.

3. Buaya Oranye

Hewan-Hewan Berwarna Unik
Hewan-Hewan Berwarna Unik











Seekkor buaya bernama Snappy di Australia menjadi sangat terkenal karena kulitnya yang yang berwarna oranye Buaya sepanjang 8 kaki ini berada di sebuah kebun binatang bernama Roaming Reptils. 

Warna unik kulit buaya ini diduga karena kondisi air dalam kolam yang kotor, hal ini karena Snappy merusakkan fiter air yang ada dikolamnya. Setelah kejadian itu beberapa minggu kemudian warna Snappy tiba-tiba berubah menjadi berwarna oranye. Para penjaga kebun binatang telah berusaha untuk menghilangkan warna tersebut namun tidak berhasil.

Para peneliti memperkirakan perubahan ini karena kandungan besi dan tanin yang meningkat karena rusaknya filter. Zat itu kemudian melekat dan bereaksi dengan kulit buaya tersebut dan menyebabkan kulitnya berubah menjadi oranye. Para peneliti berharap perubahan ini tidak akan menyebabkan berubahan pada kesehatan Snappy.

4. Belalang Pink

Hewan-Hewan Berwarna Unik
Hewan-Hewan Berwarna Unik












Di Osaka, Jepang, telah ditemukan beberapa belalang yang berwarna pink. Belalang-belalang ini terlihat sangat mencolok saat berada di dedaunan yang berwarna hijau. Kondisi ini disebabkan sebuah sebuah keadaan genetik yang disebut erythrism. Kondisi ini menyebabkan si belalang menghasilkan pigmen berwarna pink yang sangat jarang.



Sumber : KapanlagiKompas, dan Vivanews
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger