Rahasia Panjang Umur Di Berbagai Negara

Ditulis oleh pada Monday, February 25, 2013 - 11:28 dengan tidak ada komentar

Rahasia Panjang Umur Di Berbagai Negara
Berumur panjang pastilah menjadi impian hampir setiap manusia. Tapi sayangnya tidak semua orang dikaruniai dengan umur yang panjang. Berbagai macam penyakit terus saja mengancam kesehatan kita yang pada akhirnya membuat banyak dari kita meninggal di usia muda.

Namun di beberapa negara atau daerah, memiliki umur yang panjang bukanlah sesuatu yang sulit. Di negara tersebut penduduknya memang terkenal memiliki umur pahjang (rata-rata umur penduduknya diatas 80 tahun). Inilah rahasia berumur panjang dari beberapa negara tersebut yang semoga dapat kita praktekan agar kita juga bisa berumur panjang.

1. Jepang (rata-rata umur penduduknya 83,5 tahun)

Jepang memang terkenal sebagai negara dengan rata-rata umur penduduk tertinggi di dunia. Jepang telah menduduki posisi pertama negara dengan penduduk berumur panjang selama 25 tahun terakhir. Lantas apa sih rahasia berumur panjang rakyat Jepang? 

Rakyat Jepang terkenal dengan pola makannya yang sehat. Mereka sangat suka mengkonsunsi sayur dan ikan. Pola konsumsi ini membuat tubuh mendapat asupan antioksidan yang cukup sehingga bisa mengurangi resiko terserang penyakit.

Salah satu daerah yang terkenal memiliki penduduk berumur panjang di Jepang adalah Okinawa. Di sini ada sebuah metode diet yang membuat anda panjang umur yang dikenal dengan hara hachi bu. Dalam metode diet ini anda hanya diperbolehkan makan sampai perut anda terisi sekitar 80%. Selain itu anda juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan biji, serta mengurangi konsumsi daging.

2. Scandinavia (rata-rata umur penduduknya 82,5 tahun)

Di negara-negara Scandinavia ada sebuah metode diet yang sangat terkenal yaitu diet nordic. Ada beberapa hal yang menjadi fokus dari sistem diet ini adalah makanlah makanan yang berasal dari daerah anda, jadi pililah daging atau sayuran yang memang berasal dari kota anda sendiri atau makanlah masakan yang merupakan menu makanan dari daerah anda. Selain itu perbanyaklah makan rumput laut.

3. Mediterania (rata-rata umur penduduknya 82 tahun)

Salah satu ciri khas masakan di daerah Mediterania adalah penggunaan minyak zaitun. Minyak zaitun memang terbukti lebih bersahabat pada kesehatan daripada jenis-jenis minyak yang lain. Selain itu masyarakat di daerah ini juga punya sebuah pola unik dalam hal makanan. Mereka hanya makan sebanyak sebanyak 3/4 dari porsi makanan masyarakat umum, selain itu 2/3 bagian makanan mereka terdiri dari sayur-sayuran.

Rahasia yang lain adalah masyarakat di daerah ini lebih memilih mengganti nasi dengan konsumsi karbohidrat dari bahan tepung. Terakhir tips panjang umur di daerah ini adalah perbanyak konsumsi ikan dan susu.

4. Australia (rata-rata umur penduduknya 82 tahun)

Di Australia rahasia panjang umur selain pada pola makan dan kebiasaan minum susu, juga terdapat pada faktor psikologis. Di Australia penduduk berupaya menjaga agar dirinya jauh dari stress agar bisa memiliki umur yang panjang. Hal ini juga sangat didukung dengan peraturan pemerintah yang membuat beban kerja yang dirasakan penduduknya tidak sampai membuat stress. Di negara ini waktu istirahat makan siangnya dibuat lebih panjang agar pekerja bisa lebih rileks saat harus kembali bekerja. Selain itu prusahaan juga tidak bisa memaksa pekerjanya untuk lembur kecuali si pekerja menginginkannya.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger