Keunikan "Pink City" Jaipur

Ditulis oleh pada Wednesday, February 27, 2013 - 11:17 dengan tidak ada komentar

Jaipur merupakan kota terbesar sekaligus ibukota dari negara bagian Rajasthan di India. Kota ini pertama kali dibangun pada 18 November 1727 oleh Maharaja Sawai Jai Singh II. Kota pra-modern ini memiliki jalan-jalan teratur yang dibagi atas enam sektor dan dipisahkan dengan jalan-jalan besar selebar 34 meter. Jaipur sangat terkenal dengan julukan "Pink Cty", hal ini dikarenakan bayak sekali bangunan-bangunan di Jaipur yang di cat dengan warna pink. Selain warna bangunannya yang unik, Jaipur masih memiliki keunikan-keunikan yang lain dan inilah beberapa keunikan "Pink City" Jaipur.

1. Sejarah Bangunan Dicat Berwarna Pink

Keunikan Pink City Jaipur
Keunikan Pink City Jaipur











Sejak jaman dahulu Jaipur telah terkenal sebagai kota dengan arsitektur dan tata kota yang sangat maju, bahkan dianggap sebagai salah satu yang terbaik di daerah sekitar India. Selain itu kota ini juga dikenal memiliki hubungan yang dekat dengan negara-negara di Eropa.

Pada tahun 1876 Pangeran Edward dari Wales datang berkunjung ke kota ini. Raja saat itu Sawai Ram Singh ingin sekali memberi sebuah ciri khas pada kota Jaipur agar rombongan Pangeran Edward tidak bisa melupakan kota ini. Sang Raja kemudian memerintahkan kepada rakyatnya untuk mengecat semua bangunan dengan warna pink yang kemudian menjadi ciri kota ini. Sampai saat ini sebagian besar bangunan di Jaipur masih tetap dicat dengan warna pink.

2. Menjaga Tradisi Memakai Pagri dan Gagra Choli

Keunikan Pink City Jaipur
Keunikan Pink City Jaipur











Seperti kebanyakan daerah-daerah lain di India, masyarakat Jaipur juga terkenal sangat menjaga tradisinya. Salah satu tradisi yang sangat dijaga di Jaipur adalah tradisi mengenakan pagri dan gagra choli. Pagri adalah sebutan untuk Turban (semacam surban yang digunakan untuk menutup kepala laki-laki) khas dari daerah Rajasthan. Pagri memiliki berbagai macam warna yang menunjukan kasta, kelas sosial dan daerah asal si pemakai. Ada sebuah tradisi unik menyangkut pagri ini, jika ada seseorang bertukar pagri maka ini menandakan bahwa mereka akan memeiliki persahabatan yang abadi.

Gagra choli adalah pakaian khas wanita India yang berasal dari Rajasthan dan Gujarat. Ada tiga bagian utama dari gagra choli yaitu lehenga, choli dan odhani. Lehenga adalah sebuah rok panjang yang biasanya dihiasi dengan bordiran. Choli adalah sebuah blues ketat dengan lengan pendek dah berkerah rendah.

3. Amber Fort

Keunikan Pink City Jaipur
Keunikan Pink City Jaipur











Amber fort merupakan salah satu daerah wisata utama di Jaipur. Amber fort adalah sebuah benteng yang dibangun diatas gunung oleh Raja Man Singh I. Bangunan ini sangat dikenal karena gaya arsitekturnya yang memadukan gaya Hindu dan gaya Rajput. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat setidaknya sekitar 5000 orang berkunjung kebangunan ini setiap harinya.

Bangunan ini dibagi atas empat area utama, setiap area memiliki pintu masuk dan halamannya masing-masing. Pintu masuknya adalah melalui Suraj Pole (Sun Gate) yang membawa anda menuju Jaleb Chowk yang merupakan halaman dari area pertama. 

4. Festival Unik

Keunikan Pink City Jaipur
Keunikan Pink City Jaipur












Di kota Jaipur banyak sekali festival-festival unik yang bisa anda saksikan. Yang pertama adalah festival gajah yang diadakan sekitar bulan Maret. Setiap gajah yang ikut dalam festival ini akan didandani dan berjalan di catwalk layaknya seorang model. Selain itu ada juga beberapa atraksi yang menarik seperti polo gajah, pertarungan antara seekor gajah dengan sepuluh orang pria, serta aneka tarian dan pesta kembang api.

Festival yang lain adalah festival gangaur, festival ini diadakan di negara bagian Rajasthan serta sebagian wilayah Gujarat dan Madhya Pradesh. Festival ini merupakan salah satu festival terpenting yang dilakukan untuk menghormati Gauri, istri Dewa Siwa, yang dilaksanakan mulai bulan Maret sampai April. Untuk wanita yang belum menikah festival ini merupakan bentuk pengharapan agar diberi suami yang baik dan diberkati, sementara bagi wanita yang sudah menikah festival ini untuk mendoakan kesejahteraan, kesehatan serta umur panjang bagi suami mereka serta kebahagiaan bagi perkawinannya.

5 Kuliner Khas Jaipur

Keunikan Pink City Jaipur

Dal-Bati-Churma adalah salah satu hidangan lengkap yang populer di Rajasthan, India. Umumnya makanan ini disajikan di semua perayaan, termasuk acara-acara keagamaan, upacara pernikahan, dan pesta ulang tahun di Rajasthan.

"Dal-Baati-Churma", adalah kombinasi dari tiga jenis makanan yang berbeda - Daal (lentil), Baati dan Churma (manis). Daal - biasanya terbuat dari kacang dan dengan rasa sedikit pedas. Baati - terbuat dari tepung gandum. Churma - terbuat dari tepung gandum, gula dan kering buah-buahan.


Sumber : Wikipedia
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger