Cara Memberi Ringkasan Dan Gambar Link Twitter

Ditulis oleh pada Friday, September 20, 2013 - 14:40 dengan 1 komentar

Cara Memberi Ringkasan Dan Gambar Pada Link Twitter
Untuk memperoleh pengunjung yang lebih banyak, kita sering membagikan link dari situs milik kita ke berbagai jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Sayangnya, tidak seperti di Faceebook, saat kita membagikan sebuah link di Twitter secara default tidak akan ada gambar atau ringkasan (deskripsi) apapun yang muncul menyertai link yang kita bagikan. Padahal gambar dan ringkasan tersebut akan membuat orang lebih tertarik untuk membuka sebuah link.

Setelah melakukan sedikit riset, akhirnya saya mengetahui bahwa sebenarnya pada Twitter juga ada fasilitas untuk memberikan ringkasan pada sebuah link. Hanya saja tak seperti fasilitas di Faceebook yang langsung bisa digunakan secara otomatis, fasilitas bernama Twitter Cards ini harus diaktifkan secara manual oleh pemilik blog atau situs. Setelah melakukan sedikit percobaan kemarin, akhirnya saya bisa menerapkan fasilitas pemberi ringkasan ini pada blog saya, kalau tidak percaya silahkan saja bagikan link postingan dari blog ini ke Twitter :).

Ok cukup buat basa-basinya. Sekarang saya akan membagikan bagaimana caranya buat memasang fasilitas Twitter Cards di blog.

1. Pertama pastikan anda sudah memiliki akun di Blogger dan Twitter, kalau belum punya silahkan buat terlebih dahulu. Lalu jangan lupakan siapkan peralatan yang bisa anda gunakan untuk mengakses akun Blogger dan Twitter anda melalui internet.

2. Buka akun Blogger anda lalu masuk ke bagian Template dan pilih Edit HTML.

3. Copy kode dibawah ini dan letakkan diantara kode <head> dan </head> pada template blog anda. Sekedar saran, akan lebih baik jika anda letakkan kode ini dibawah metatag lain pada template anda sehingga akan memudahkan jika suatu saat anda ingin merubah atau menghilangkannya.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
      <b:if cond='data:blog.metaDescription'>
        <meta content='summary' name='twitter:card'/>
        <meta content='@tobeeinspired' name='twitter:site'/>
        <meta content='@tobeeinspired' name='twitter:creator'/>
        <meta expr:content='data:blog.pageName' name='twitter:title'/>
        <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='twitter:description'/>
        <meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' name='twitter:image:src'/>
        <meta expr:content='data:blog.homepageUrl' name='twitter:domain'/>
      </b:if>
    </b:if>
</b:if>

Catatan : Jika saat kode diatas di paste kedalam template ternyata muncul tulisan link sumber silahkan anda hapus link sumber tersebut. Pastikan hanya kode diatas saja yang anda tambahkan kedalam template anda.

4. Kode diatas hanya akan menampilkan ringkasan pada link postingan blog. Ringkasan tidak akan muncul jika link yang dibagikan adalah link halaman beranda blog. Jangan lupa ganti tulisan @tobeeinspired dengan nama akun Twitter anda.

5. Silahkan simpan perubahan yang telah anda buat pada template anda.

6. Sekarang langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah meminta persetujuan ke Twitter untuk memasang ringkasan pada link dari blog kita. Prosesnya sendiri cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Pertama silahkan buka situs developer Twitter.

7. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan user name dan pasword. Gunakan saja user name dan pasword seperti pada akun Twitter anda.

8. Jika muncul jendela pop-up Card Catalog maka pilih Summary. Selanjutnya pilih opsi Validate & Apply.

9. Masukan salah satu link postingan blog anda pada kolom yang disediakan untuk divalidasi. Ingat link postingan bukan link blog anda karena ringkasan ini hanya akan kita aplikasikan pada link postingan blog saja.

10. Jangan lupa follow dulu Twitter Bee Inspired dengan mengklik tombol follow Twitter di sidebar biar lebih afdol. Tapi kalau merasa keberatan silahkan lewatkan saja step yang satu ini :).

11. Twitter kemudian akan melakukan validasi apakah metatag yang diperlukan telah dimasukkan dalam postingan anda. Jika semua meta metatag yang diperlukan sudah ada maka Twitter akan memberikan persetujuan dan mulai saat itu semua link dari postingan blog anda yang dibagikan ke Twitter akan memiliki ringkasan. Untuk mencobanya langsung saja coba bagikan link postingan blog anda ke Twitter.

Jika pemasangan ringkasan pada blog anda mengalami kegagalan, jangan malu-malu untuk bertanya lewat kotak komentar dibawah. Komentar pada blog ini saya moderasi, jadi saya pasti membaca semua komentar yang dikirimkan. Jika komentar anda belum saya terbitkan mungkin karena saya belum sempat membuka blog ini atau karena saya masih mencari jawaban atas pertanyaan anda.
Bagikan Artikel Ini :

1 comments:

avatar
Anonymous Admin

jdi penasaran mau coba nih :D

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger