Lukisan Terkenal Yang Memiliki Kode Rahasia

Ditulis oleh pada Saturday, July 13, 2013 - 22:10 dengan 3 komentar

Pernakah Anda melihat film Da Vinci Code? Dalam film tersebut diceritakan tentang usaha memecahkan teka-teki yang terdapat dalam berbagai karya seni guna menguak sebuah misteri. Ternyata di dunia nyata beberapa karya seni yang terkenal dipercaya benar-benar menyimpan kode-kode rahasia didalamnya. Berbagai teori pun bermunculan dan berbagai usaha dikerahkan untuk bisa mengungkap secara pasti kode rahasia apa yang ada didalamnya. Seperti pada beberapa lukisan terkenal berikut ini yang dipercaya menyimpan kode rahasia didalamnya.

1. Mona Lisa

Lukisan Terkenal Yang Memiliki Kode Rahasia
Lukisan ini mungkin bisa disebut sebagai salah satu lukisan paling misterius di dunia. Ada berbagai pertanyaan dan teori-teori yang berkembang karena lukisan karya Leonardo Da Vinci ini. Salah satu yang baru-baru ini terungkap adalah tentang adanya sebuah kode berukuran sangat kecil yang terletak pada beberapa tempat di lukisan Mona Lisa.

Pada mata bagian kanan ditemukan huruf LV. Huruf ini diperkirakan merupakan simbol atau inisial dari nama Da Vinci. Sementara pada mata bagian kiri ditemukan huruf CE, beberapa orang menduka itu adalah huruf B. Pada bagian jembatan terdapat tulisan 72 atau L2. Serta angka 149 dengan angka keempat yang dihapus pada bagian belakang lukisan, yang diperkirakan sebagai tahun pembuatan lukisan ini.

2. The Last Supper

Lukisan Terkenal Yang Memiliki Kode Rahasia
Slavisa Pesci, seorang praktisi IT, menciptakan sebuah efek visual yang sangat menarik dengan meletakan sebuah lukisan The Last Supper semi transparan secara terbalik diatas versi aslinya. Dari hasil kreasi tersebut terlihat dua orang yang terlihat mirip dengan seorang Kesatria Templar sedang duduk di kedua ujung meja dalam lukisan tersebut.

Seorang musisi asal Italia, Giovani Maria Pala, juga mengungkapkan sebuah hal yang cukup menarik mengenai lukisan ini. Menurutnya setiap posisi tangan dan roti yang ada dalam lukisan ini menunjukan slambang-lambang yang biasa digunakan dalam seni musik. Jika lambang-lambang itu kemudian di baca dari kanan ke kiri, seperti cara Leonardo saat menulis, maka akan dihasilkan sebuah komposisi musik.

Selain dua teori diatas ada satu lagi teori mengenai lukisan ini yang dianggap cukup kontrofersial. Sabrina Sforza Galitzia, seorang peneliti Vatikan, mengaku telah berhasil memecahkan teka-teki matematika dan astrologi yang ada dalama lukisan ini. Menurutnya teka-teki itu meramalkan bahwa dunia ini akan dilanda sebuah banjir yang menenggelamkan seluruh bumi pada 21 Maret 4006. Banjir itu kemudian akan surut pada 1 November pada tahun yang sama dan menjadi penanda era baru kehidupan didunia ini.

3. Lukisan Di Atap Kapel Sistine

Lukisan Terkenal Yang Memiliki Kode Rahasia
Selain Leonardo Da Vinci salah satu seniman yang juga dianggap sering meletakan kode-kode rahasia dalam karyanya adalah Michelangelo. Salah satu lukisannya yang cukup terkenal adalah sebuah lukisan yang berada di atap Kapel Sistine. Dalam salah satu bagian lukisan tersebut Michelangelo menggambarkan sosok Tuhan yang sedang memisahkan terang dari kegelapan. Anehnya pada bagian dada sosok Tuhan itu terdapat gambar yang tidak beraturan dan membuat bingung.

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, para peneliti dibuat terkagum-kagum setelah mengetahui bahwa pola tidak beraturan tersebut ternyata bukanlah sebuah kecerobohan melaikan sebuah hasil seni jenius karena mampu menggambarkan detail otak manusia.

4. The MadonnaWith Saint Giovannino

Lukisan Terkenal Yang Memiliki Kode Rahasia
Lukisan ini merupakan salah satu lukisan yang dijadikan sebagai benda keramat bagi orang-orang yang percaya terhadap adanya UFO. Dalam lukisan itu memang terdapat sebuah gambar kecil diatas bahu kiri Mary. Benda dalam gambar tersebut seperti sebuah disk dengan cahaya yang tampak menyelimutinya. Gambar disk itu sendiri terlihat cukup besar sehingga terlihat mencolok. Selain itu pada bagian kanan lukisan juga terlihat gambar seseorang yang sedang mengangkat tangannya kearah kepala sehingga terlihat sedang memperhatikan disk tersebut.

5. Prophet Zechariah

Lukisan Terkenal Yang Memiliki Kode Rahasia
Satu lagi lukisan karya Leonardo yang mengundang banyak tanya. Lukisan Prophet Zechariah memperlihatkan sosok yang dianggap sebagai Nabi Zakaria sedang melihat sebuah buku dengan dua orang anak kecil dibelakangnya. Jika dilihat sekilas tidak ada yang salah dengan lukisan ini, namun ternyata gestur tangan dari salah satu anak kecil tersebut menyimpan sebuah teka-teki yang sangat besar.

Pada tangan salah satu anak, terlihat bahwa Ia meletakkan jari jempolnya tepat diantara jari telunjuk dan jari tengah. Posisi jari seperti itu membentuk sebuah simbol ini dikenal dengan nama "The Fig" yang artinya mirip dengan salam jari tengah, kalau tidak tahu apa itu salam jari tengah silahkan tanya pada mbah Google. Beberapa sejarahwan menganggap bahwa lukisan ini adalah sebagai penggambaran akan ketidaksukaan Leonardo terhadap Julius II.

6. The Blue Cloak

Lukisan Terkenal Yang Memiliki Kode Rahasia
Lukisan ini dikenal juga dengan nama Netherlandish Proverbs (Pepatah Belanda). Sesuai dengan namanya tersebut dalam lukisan ini memang terdapat banyak sekali kejadian-kejadian yang menyiratkan pepatah-pepatah kuno di Belanda. Sampai saat ini ada sekitar 112 pepatah yang berhasil diungkapkan dari lukisan ini, beberapa diantaranya masih banyak digunakan di Belanda hingga saat ini. Salah satunya adalah ungkapan "Ikan besar memakan ikan kecil".
Bagikan Artikel Ini :

3 comments

wah ada si om penghuni 60. biasanya kalo yg berbau misteri gene si om neh yg jago ngebahasnya ^o^

Balas

Hebat menabjubkan

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger