Air Terjun Terindah Di Dunia

Ditulis oleh pada Thursday, February 21, 2013 - 09:50 dengan tidak ada komentar

Ada banyak sekali hal-hal indah yang bisa kita temukan di alam, salah satunya adalah air terjun. Banyak hal yang membuat air terjun tampak begitu indah mulai dari gemuruh aliran air saat turun dari atas tebing, cahaya yang berkilauan dari cipratan airnya dan masih banyak hal lainnya. Saat berada di bawah air terjun kita bisa merasakan betapa kecil dan lemahnya kita di banding dengan begitu tinggi dan kuatnya aliran air terjun. Diantara begitu banyak air terjun di dunia ini ada beberapa air terjun yang memiliki keindahan yang tak tertandingi. Inilah beberapa air terjun terindah di dunia yang mampu membuat kita terpaku karena kagum.
1. Air Terjun Niagara, Amerika dan Kanada

Air Terjun Terindah Di Dunia Niagara

Air terjun Niagara adalah nama yang digunakan untuk menyebutkan tiga buah air terjun yang mengalir melintasi perbatasan dari Ontario (Kanada) sampai New York (Amerika). Ketiga air terjun yang dimaksud tersebut adalah air terjun Horseshoe, air terjun American dan air terjun Bridal Veil. Air terjun Horseshoe terletak di negara Kanada sedangkan dua air terjun lainnya terletak di Amerika.

Air terjun Niagara terletak di aliran sungai Niagara yang mengalirkan air dari danau Erie menuju danau Ontario. Air terjun ini terbentuk akibat penyurutan gletser pada akhir jaman es. Walau air terjun ini bukanlah yang tertinggi di dunia, tetapi Niagara memiliki air terjun yang sangat lebar dan aliran yang sangat deras. Setiap menitnya sekitar 168 ribu meter kubik air mengalir jatuh melewati air terjun ini.

2.Air Terjun Hanakapi'ai, Hawaii

Air Terjun Terindah Di Dunia Hanakapi

Air terjun Hanakapi'ai berada di pulau Kauai, Hawaii (apa semua nama tempat di Hawaii harus berakhiran dengan huruf i yah?? ~_~" ). Air terjun ini terletak sekitar 2 mil dari pantai Hanakapi'ai. Air terjun ini menawarkan sebuah kesan eksotis seperti dalam film Jurassic Park (tapi tentu saja minus dinosurus pembunuhnya yah hehehe...)

Untuk mencapai air terjun ini kita bisa melewati rute Kalalau yang terkenal indah. Anda akan dibuat takjub saat melintasi area hutan hujan tropis yang indah. Asiknya jalur yang akan anda lewati sudah ditandai dengan sangat baik, jandi tidak perlu takut tersesat atau repot mencari pemandu wisata (hitung-hitung juga berhemat karena tarif pemandu wisata biasanya lumayan mahal).

3. Air Terjun Iguazu, Argentina

Air Terjun Terindah Di Dunia Iguazu

Terletak di perbatasan antara Parana (Brasil) dan provinsi Misiones (Argentina), air terjun ini membagi aliran sungai Iguazu menjadi dua, di bagian atas sungai Iguazu sebagian besar alirannya berada di negara Brasil. Di bagian bawah alirannya bertemu dengan aliran dari sungai San Antonio dan menjadi perbatasan antara negara Brasil dan Argentina.

Nama Iguazu berasal dari bahasa Guarani atau Tupi, "y" [ɨ] yang berarti air dan "ûasú" [waˈsu] yang berarti besar. Menurut legenda ada dewa yang hendak menikahi seorang gadis cantik bernama Naipí, tapi ternyata gadis itu melarikan diri bersama kekasihnya Tarobá dengan menaiki cano. Karena marah sang dewa lalu memotong aliran sungai tersebut dan mengutuk kedua kekasih itu menjadi air terjun. Orang Eropa yang pertama kali menemukan air terjun ini adalah Álvar Núñez Cabeza de Vaca pada tahun 1541.

4. Air Terjun Victoria, Zimbabwe Dan Zambia

Air Terjun Terindah Di Dunia Victoria

David Livingstone, seorang misionaris dan penjelajah dari Skotlandia, dipercaya menjadi orang Eropa pertama yang menemukan air terjun ini pada tahun 1855 dari sebuah pulau di tengah aliran sungai yang kini dikenal dengan nama pulau Livingstone (heran sama orang Eropa, setiap datang ke suatu tempat pasti dikasih nama, apa dia sudah tanya ke penduduk setempat apa nama tempat itu ckckck.... ). Untuk menghormati Ratu Victoria, Livingstone kemudian menamai air terjun itu dengan nama air terjun Victoria (tuh kan lagi-lagi kasih nama seenaknya sendiri, hadewh...). Oleh penduduk lokal air terjun ini disebut Mosi-oa-Tunya yang artinya asap yang bergemuruh.

5. Air Terjun Sutherland, Selandia Baru

Air Terjun Terindah Di Dunia Sutherland

Selandia Baru memang sangat terkenal akan keindahan alamnya, beberapa film terkenal Hollywood bahkan menjadikan negara ini sebagai tempat pengambilan gambarnya (tapi Indonesia juga sempet jadi tempat pembuatan beberapa film Hollywood kok, jadi yah ngk kalahlah indahnya ^o^ ). Salah satu keindahan alam yang terkenal di Selandia Baru adalah air terjun Sutherland.

Air terjun Sutherland terletak di dekat Milford Sound yang berada di pulau selatan Selandia Baru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 580 meter dan termasuk salah satu air terjun tertinggi di Selandia Baru.

6. Air Terjun Angel, Venezuela

Air Terjun Terindah Di Dunia Angel

Dalam bahasa lokal air terjun ini disebut Kerepakupai Vená yang berarti "air terjun di tempat terdalam", atau Parakupá Vená yang berarti "jatuh dari titik tertinggi". Ini adalah air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 979 meter. Air terjun ini terletak di area Taman Nasional Canaima, sebuah Situs Warisan Dunia versi UNESCO.

Air terjun ini lebih dikenal dengan nama Angel setelah Jimmie Angel seorang pilot asal Amerika melintasinya dengan pesawat terbang. Namun Presiden Venezuela Hugo Chávez mengumumkan bahwa ia akan mengubah nama air terjun ini dengan bahasa setempat Keepakupai Vená. Chávez beranggapan, sebagai sebuah simbol nasional maka air terjun ini haruslah menyandang nama aslinya.


Sumber : Wikipedia
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger