SEO dan SERP Apa Sih Itu Sebenarnya

Ditulis oleh pada Thursday, January 24, 2013 - 10:16 dengan 8 komentar

SEO

Setelah vacum dari dunia blog selama bertahun-tahun, sampe-sampe blog yang dulu pernah saya buat ambruk tidak bersisa (menghilang dari index google), akhirnya saya memberanikan diri untuk kembali terjun di dunia bloging. Hal pertama yang coba saya lakukan, setelah tentunya bkin blog, adalah mencari template atau tampilan yang mnurut saya bagus, menurut saya lowh jd ngk tahu kalau menurut yang lain. Akhirnya browsing-browsing d google nemu dah template yang bkin saya sreg, sambil iseng nunggu lowding yang lambat saya coba baca-baca komentar di bawah potingan template yang mau saya pakai, di situ saya nemuin beberapa kata yang baru bagi saya "SEO", "SERP" dan "HTML valid", yah maklumlah soalnya saya ngk punya background di bidang web.

Ok cukup sudah cerita pembukanya, now back to the topic. Apa itu SEO dan SERP? SEO alias search engine optimization, kalo bahasa Indonesianya kira-kira optimisasi mesin pencari, menurut saya secara gampangnya adalah suatu metode bagaimana caranya merombak blog kita sehingga blog kita (baik domain, postingan atau isi blog yang lain) dapat dengan mudah dibaca oleh mesin pencarian (google, yahoo, dll). Sedangkan SERP (searh engine result page) adalah posisi atau kedudukan situs kita pada halaman hasil pencarian sebuah mesin pencarian. Yah sederhananya ada di halaman berapa sih blog kita di hasil pencarian.

Ada banyak sekali metode dan cara yang disarankan oleh blogger untuk melakukannya, dari yang halal dan dibenarkan oleh google sampai cara-cara yang menurut saya bisa menyebabkan blog kita di suspend. Selain itu banyak juga situs-situs yang menawarkan cara mengecek seberapa SEO situs kita, sehingga bisa kita jadikan patokan untuk memperbaiki situs kita.

Tapi menurut saya ada beberapa hal yang sebenernya bisa jadi tolak ukur terhadap seberapa SEOnya situs kita. Yang pertama faktor internal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari situs kita sendiri serta faktor eksternal dari luar situs kita. Untuk faktor internal yang menurut saya pertama adalah susunan dari tag pada blog kita (h1, h2, h3 dst.). Susunan tag ini akan mempengaruhi bagaimana search engine membaca situs kita saat sedang mencari sebuah kata atau kalimat, usahakan untuk menyusun tag kita sebaik mungkin sehingga hal yang terpenting lah yang dibaca terlebih dahulu. Jangan sampai si search engine kesulitan menemukan kata tersebut hanya karena posisinya yang berada jauh di dasar tag kita.

Yang kedua adalah kualitas bahasa pemrogaman pada situs kita.Ada beberapa bahasa pemrogama yang dipakai saat membuat sebuah situs, tapi maaf saya ngk bsa sebutin karena saya juga ngk paham :=(. Yang paling sering dibaca oleh mesin tes SEO (ini tapi dari pengalaman pribadi) adalah HTML, css dan java script. Kualitas bahasa pemrograman yang baik akan berpengaruh terhadap kecepatan buka situs dan mencegah terjadinya eror saat situs dibuka.

Yang ketiga adalah penamaan dan pemberian keterangan pada link dan gambar dalam blog. Beneran ini ngaruh?? Sepertinya saya harus menjawab ya. Walaupun pengaruhnya kecil, penamaan dan pemberian keterangan pada link akan membantu mesin pencari dalam mengenali link dan gambar yang kita masukkan dalam blog.

Lanjut ke faktor eksternal, kalo ini kebanyakan dipengaruhi oleh faktor pagerank, popularitas, backlink dan yang lain-lain. Search engine umumnya akan lebih senang untuk mencari pada situs-situs yang memiliki trafic besar. Perbaikan terhadap faktor-faktor ini sebenarnya akan terselesaikan dengan sendiri seiring umur dan konten blog kita yang semakin baik. Tapi bagi beberapa orang ada yang memilih untuk melakukannya dengan instan melaluui cara-cara yang tidak dianjurkan oleh google. Efeknya??? Yah situs menjadi populer dalam sekejap, trafic meningkat dan kemudian bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Tapi apa itu cukup?? Segala sesuatu yang diraih dengan instan biasanya akan hilang  juga dengan cepat, ini juga berlaku pada situs. Saat situs kita jadi artis dadakan, tiba-tiba ngetop tapi tanpa punya isi yang bermutu bisa dipastikan situs kita akan cepat juga tenggelamnya. Akan lebih baik perlahan-lahan mencari popularitas, menjalin persahabatan dan mencari pembaca setia dengan menyajikan isi blog yang berkualitas pasti deh situs kita akan lebih awet.

Selain faktor-faktor di atas sebenarnya masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap SEO, akan tetapi menurut saya faktor di ataslah yang paling berpengaruh.Terus apa efeknya SEO dan SERP terhadap situs kita?? SEO dan SERP akan memberi jaminan yang lebih besar bahwa situs kita akan berumur panjang, analoginya begini, jika situs kita hanya muncul pada halaman ke 20 pada mesin pencarian terus siapa yang akan mengunjungi situs kita?? Lah kalo situs ngk ada yang mengunjungi, bukankah akhirnya situs itu akan mati suri atau malah di tutup karena si empunya jadi males bikin postingan :).

CMIIW

Bagikan Artikel Ini :

8 comments

avatar
Anonymous Admin

Ujungnya tetep ya...
Content is the king....
Sangat menarik postingannya...
Mantap sob...
Always keep sharing...

Balas

makasih mas..
iya mnrut sya jga blog itu yg pnting isinya
walau klo berita sya jga sring cmot sna sni, tpi sya cba buat ungkapin dngan bhasa sndiri. mlah klo yang berbau opini, sya cba buat praktekin dlo bner apa ngk. alhamdulillah walau blog ene msh bru tp dah bsa dpet 100an pngunjung tiap hri, walau yg koment bru mas Adhy aja hahaha

Balas
This comment has been removed by the author.

KEREN Blog-nya keren,,, boleh ajarin cara bikin tampilannya???
dah lama bikin, bingung mau diapain, bikin lagi, sama aja... Blog-ku http://likinkaesar.blog.com
atau lewat email akhirulkalam@gmail.com

Balas

wah maaf komen yg d atas kehapus otomatis mas, kyaknya dianggep spam sma blogger

blog ini template awalnya saya ambil dari creating website
http://www.maskolis.com/2013/01/inilah-template-johny-seo-dan-cepat.html

saya cma nambahin beberapa widget dan edit tampilan aja. kalo masx mau edit template cba aja dlo liat-liat ke maskolis.com di situ banyak template gratis yang bsa dijadikan inspirasi, ntar klo ada yg prlu d bantu insyaallah psti sya bntuin.

kalo saya disuruh kasih masukan sya jga bngung, ini jga template saya dpt msukan dr bnyak orang, sya cma ngedit code aja hehehe

Balas

gak kok, komen diatas emang sengaja saya hapus... salah naruh... Eh mas bibit, kan sudah masukin templat yang ada, setelah itu diedit HTML-nya atau gimana? soalnya tampilannya itu malah kayak gini.buka blog saya yang ini. http://likinkaesar.blogspot.com

Akhirnya kembali ke blogspot.com, ke yang blog.com gak ada edit templat sendiri, bisa sih, tp berbayar.
Mas, boleh minta nomer ponselnya??? biar saya lebih mudah tanya-tanya. bisa kirim lewat email solikin.pma@gmail.com

Balas

owh gtu, syukur klo memang mas yg hapus sndri, soalx saya blom smpt bca komentx, jd agak sungkan klo ada koment yg tba2 ilang hehehe

ya tmpilan awalnya memang kyak yg d blog itu, ntar tinggal d edit aja. sya jga cma nambahin slider sma bbrapa widget aja biar blogx ttep ringan, mklum blog bru, klo loadingx berat siapa yang mau lihat :)

eh trnyata gtu yah klo blog.com, sya baru tahu, soalnya dri dlo sya pke blogspot trus

liat d kontak aja klo no hp saya, di situ ada kok. tp mhon maaf yah, 2-3 hari ini mungkin agak susah klo d hubungi, soalx lg bnyak krjaan. ini aja bka blog cma sesempetnya. tp sya usahain bantu sebisa saya.

Balas

Thanks atas Ilmu bermanfaatnya .....

Balas

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger