Manusia dan Teori Kebutuhan

Ditulis oleh pada Tuesday, January 22, 2013 - 23:39 dengan tidak ada komentar

teori kebutuhan dan kebijaksanaan manusia
Di suatu sore yang hangat, hari itu seperti biasanya, Nasrudin keluar rumah untuk berjalan-jalan. Di tengah jalan ia bertemu dengan seorang hakim, dan layaknya dua orang cendikiawan, mereka berdua berbincang-bincang tentang sesuatu yang agak filosofis. Sang hakim, seperti umumnya cendikiawan masa itu sering berfikir hanya dari satu sisi saja. Dan hal itulah yang ingin ditunjukan oleh Nasrudin kepada sang hakim.

Sang hakim pun memulai perbincangan "Hmm... seandainya saja, setiap orang mau memenuhi hukum dan etika... "

Nasrudin lalu memotong, "Bukan manusia yang harus mematuhi hukum, tetapi justru hukumlah yang harus disesuaikan dengan kemanusiaan."

Sang hakim mencoba menguji Nasrudin, "Tapi coba sekarang kita lihat cendikiawan seperti anda. Kalau anda dihadapkan pada dua pilihan, anda akan memilih kekayaan atau kebijaksanaan?"

Tanpa berfikir panjang Nasrudin langsung menjawab "Tentu saja sudah pasti, saya memilih kekayaan".

Sang hakim mendengar jawaban Nasrudin lalu berkata dengan sinis "Hmm... memalukan sekali. Anda adalah seorang cendikiawan yang sangat dihormati masyarakat. Dan anda malah memilih kekayaan dibandingkan kebijaksanaan."

Nasrudin balik bertanya "Bagaimana dengan Anda sendiri."

"Tentu saja saya akan memilih kebijaksanaan." jawab sang hakim dengan tegas.

"Yah begitulah manusia. Mereka akan selalu memilih sesuatu yang belum dimilikinya." tukas Nasrudin sambil meninggalkan sang hakim.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger