5 Mobil Produksi Indonesia Yang Laris Di Mancanegara

Ditulis oleh pada Thursday, May 15, 2014 - 07:27 dengan tidak ada komentar

Pelan namun pasti, industri otomotif di Indonesia kini semakin berkembang. Tak hanya sebatas sebagai pengguna, Indonesia kini tercatat sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor yang produk-produknya mulai dijual ke berbagai negara. Memang jumlah produksi mobil Indonesia masih kalah jauh dari negara-negara lain. Indonesia tercatat baru mampu menghasilkan 1 juta unit mobil tiap tahunnya dan berada di urutan ke 17 negara dengan produksi mobil terbesar di dunia. Meski demikian, beberapa mobil produksi Indonesia ternyata banyak dicari dan laris di pasar mancanegara. Berikut ini lima diantaranya, seperti dilansir dar Liputan6.

1. Sedan Vios

5 Mobil Produksi Indonesia Yang Dicari Di Mancanegara
Menurut Bob Azam, Executive General Manager TMMIN, berdasarkan data hingga bulan April, jumlah produksi sedan Vios tercatat mencapai 7.703 unit. Dari jumlah tersebut, sekitar 4.133 unit dilepas untuk pasar domestik dan sisanya yakni 3.570 unit untuk pasar mancanegara. Jumlah ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan laporan pada bulan Maret dengan 2.861 unit.

Untuk unit yang akan dikirim ke pasar mancanegara, mobil-mobil ini sebelumnya mengalami penyesuaian seperti nama yang diganti menjadi Yaris dan posisi kemudi berada di sebelah kiri. Salah satu wilayah yang akan menjadi tujuan pengiriman mobil ini adalah Timur Tengah. "Kami lihat perkembangan market yang berada di Timur Tengah. Di sana market sedan ada di kisaran 5.000," kata Bob Azam. Sedan vios sendiri secara resmi akan di ekspor ke Timur Tengah pada 26 Mei.

2. Agya

5 Mobil Produksi Indonesia Yang Dicari Di Mancanegara
Tren mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) ternyata tidak hanya melanda di dalam negeri saja. Di mancanegara, ternyata produk mobil LGCC juga tengah banyak dicari. Mobil Agya menjadi salah satu mobil LGCC yang mulai beredar. Hanya saja untuk pasar mancanegara nama Agya kemudian berubah menjadi Wego.

Mobil dengan kapasitas lima penumpang tersebut mencatatkan jumlah ekspor sebanyak 1.625 unit hingga Maret dan saat ini naik menjadi 2.673. "Eskpor Agya rata-rata 500 unit per bulan," ungkap Executive General Manager TMMIN, Bob Azam. Secara total produksi Toyota Agya hingga April mencapai 29.678 unit. Di mana 26.905 unit di antaranya dilepas untuk pasar domestik.

3. Innova

5 Mobil Produksi Indonesia Yang Dicari Di Mancanegara
Kijang Innova merupakan salah satu mobil yang bayak diminati di Indonesia. Saat di ekspor, mobil yang masuk segmen Medium Multi Purpose Vehicle (MMPV) ini ternyata juga cukup digemari pasar mancanegara. Terbukti angka ekspor untuk Kijang Innova terus naik. Data hingga Maret, TMMIN berhasil mengekspor sebanyak 3.843 unit dan meningkat menjadi 5.324 hingga April.

4. Avanza

5 Mobil Produksi Indonesia Yang Dicari Di Mancanegara
Menurut Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Fukui, mobil Avanza termasuk jenis mobil yang tidak mungkin di ekspor ke Timur Tengah karena mobil ini tidak pas untuk dinaiki oleh pengemudi berpostur besar. Oleh karena itu Avanza produksi Indonesia dimasukkan ke pasar lain yang meliputi 27 negara di Benua Asia dan Afrika sejak 2004.

5. Fortuner

5 Mobil Produksi Indonesia Yang Dicari Di Mancanegara
Tak seperti jenis-jenis mobil sebelumnya yang jumlah produksi untuk dalam negerinya lebih besar dari pada jumlah unit untuk diekpor, Toyota Fortuner hasil produksi Indonesia sebagian besar justru kemudian dijual di mancanegara. Diperkirakan total produksi Toyota Fortuner hingga April mencapai 23.911 dengan alokasi unit untuk pasar domestik sebesar 6.938 mobil dan untuk eskpor 16.973 unit. Pada bulan April lalu permintaan fortuner dari pasar mancanegara meningkat tajam, mencapai lebih dari 5 ribu unit.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger