6 Film Indie Paling Sukses Sepanjang Masa

Ditulis oleh pada Sunday, May 18, 2014 - 07:03 dengan tidak ada komentar

Film independen atau film Indie sepertinya belum menarik minat penonton di Indonesia. Jalan cerita yang dinilai segmented dan membosankan membuat penikmat film di Indonesia malas menikmatinya. Padahal di luar negeri, film Indie seringkali ternyata tak kalah hebat dan mampu bersaing untuk merebut hati penikmat film dengan film-film lain yang dimodali oleh studio besar. Beberapa film indie bahkan sukses besar di pasaran, meski bermodal sederhana, namun film-film tersebut justru meraih sejumlah penghargaan dan keuntungan yang sangat besar hingga puluhan kali lipat dari modal yang mereka keluarkan.

1. The Passion of the Christ

6 Film Indie Paling Sukses Sepanjang Masa
Film The Passion of the Christ dirilis pada bulan Februari 2004. Film tersebut disutradarai oleh aktor ternama, Mel Gibson. Secara garis besar, film ini menceritakan tentang berbagai kejadian selama 12 jam sebelum Yesus disalib. Awalnya tak ada yang menyangka film yang dibintangi oleh Jim Caviezel dan Monica Belluci ini mampu meraih box office. Daya tarik utama yang mampu menyedot perhatian banyak orang untuk melihatnya adalah kontroversi yang muncul karena film ini. Dengan biaya produksi hanya US$30 juta, film ini malah meraup pendapatan sebesar US$612 juta.

2. Slumdog Millionaire

6 Film Indie Paling Sukses Sepanjang Masa
Film yang disturadarai oleh Danny Boyle ini dirilis pada tahun 2009. Alur cerita film ini dibuat berdasarkan sebuah buku yang berjudul Q & A karya Vikas Swarup. Film yang dibintangi Dev Patel, Freida Pinto, Madhur Mittal, Anil Kapoor dan Irrfan Khan ini menjadi film yang paling dipuji di 2009. Tak hanya sukses secara materi, film ini juga berhasil mendapat delapan penghargaan Academy Awards dan beberapa penghargaan bergengsi lainnya. Slumdog Millionaire yang berbiaya US$15 juta sukses meraih pendapatan sebesar US$378 juta.

3. My Big Fat Greek Wedding

6 Film Indie Paling Sukses Sepanjang Masa
Film My Big Fat Greek Wedding dirilis pada 2002 dengan Joel Zwick sebagai sutradara. Film ini bercerita mengenai seorang wanita Yunani bernama Fotoula "Toula" Portokalos, diperankan oleh Nia Vadalos, yang jatuh cinta dengan pria yang bukan dari Yunani bernama Ian Miller, diperankan oleh John Corbett. Dalam film ini, Toula berjuang agar sang kekasih bisa diterima oleh keluaganya. My Big Fat Greek Wedding dibuat dengan biaya hanya US$5 juta namun mencapai pendapatan hingga US$368 juta.

4. Shakespeare in Love

6 Film Indie Paling Sukses Sepanjang Masa
Film Shakespeare in Love awalnya akan diproduksi oleh studio besar Universal Pictures dan menunjuk Julia Roberts sebagai pemeran utama. Namun tanpa alasan yang pati, Julia Roberts ternyata memutuskan mundur dari proyek film tersebut. Hengkangnya Julia Roberts ternyata membuat Universal Pictures pun ikutan mundur. Studio Miramax kemudian mengambil alih proses produksinya untuk menyelamatkan proyek tersebut.

Film yang dirilis pada 1998 itu akhirnya dibintangi oleh Gwyneth Paltrow, Joseph Fiennes, Colin Firth, Judi Dench dan Ben Affleck. Hengkangnya Julia Roberts dan Universal Pictures ternyata membawa berkah tersendiri bagi film ini. Film yang disutradarai John Madden itu ternyata mendapatkan banyak pujian dari para kritikus. Selain itu film ini juga meraih tujuh Piala Oscar dan menempatkan Gwyneth Paltrow sebagai Artis Wanita Terbaik. Secara finansial film ini tak kalah sukses, dengan biaya produksi US$25 juta film ini mencatatkan angka pendapatan sebesar US$289 juta.

5. The Blair Witch Project

6 Film Indie Paling Sukses Sepanjang Masa
Film horor The Blair Witch Project yang dirilis pada 1999. Meski hanya sebuah film indie, film ini mampu memberi dampak yang besar pada industri perfilman dunia. Karena film ini gaya sudut pengambilan gambar film horor dan pemasaran sebuah film jadi berubah. Dengan biaya produksi hanya US$35 ribu, film ini mampu menyedot banyak penonton dan akhirnya meraup pendapatan sebesar US$248 juta.

6. Juno

6 Film Indie Paling Sukses Sepanjang Masa
Film Juno disutradari oleh Jason Reitman dan dirilis pada akhir 2007. Film ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang hamil tanpa direncanakan dan harus memutuskan apa yang harus dilakukan terhadap si jabang bayi yang belum lahir. Film ini hanya memakan biaya US$6,5 juta dan meraih pendapatan sebesar US$231 juta.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger