8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood

Ditulis oleh pada Wednesday, May 7, 2014 - 12:13 dengan tidak ada komentar

Jika kita membicarakan film-film produksi Hollywood, yang terlintas dalam benak kita tentulah deretan film spektakuler yang sukses di pasaran. Namun pada kenyataannya tidak semua film Hollywood mampu meraih kesuksesan. Beberapa film bahkan akhirnya harus gagal merebut hati penonton walaupun telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit dalam pembuatannya. Nama-nama bintang besar yang bermain di dalamnya tak mampu mengangkat pendapatan film-film tersebut, bahkan justru membuat film-film tersebut mengalami kerugian besar.

1. Hudson Hawk (1991)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Bruce Willis terkenal sebagai aktor yang memiliki ego tinggi dalam proses produksi film-filmnya. Sayangnya, tak selamanya ego tingginya tersebut memberikan dampak positif dalam filmnya. Salah satu film yang akhirnya "hancur" karena ego tinggi Bruce Willis adalah Hudson Hawk. Film yang dia produseri dan bintangi sendiri oleh Bruce Willis ini ternyata jeblok di pasaran. Film ini bahakn disebut-sebut sebagai film paling tidak jelas oleh para pengamat film, karena memadukan berbagai unsur, dari mulai action, musical, dan drama dalam porsi yang tidak pas. Total kerugian yang diderita film ini diperkiraakan mencapai Rp 852,2 milyar.

2. Ishtar (1987)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Ishtar seharusnya menjadi sebuah film komedi yang luar biasa dengan berlatar belakang gurun pasir. Cerita yang ditampilkan pun tidak terlalu buruk, setidaknya masih lebih baik jika dibandingkan dengan Hudson Hawk. Sayang, Dustin Hoffman, Beatty dan Elaine May, sebagai trio yang memproduksi film ini, terlalu perfeksionis dalam pengerjaan film ini. Mereka memaksakan ingin syuting di Maroko, agar sensasi padang pasirnya lebih terasa. Akibatnya proses produksi pun berjalan begitu lama sampai bertahun-tahun, sehingga publik yang pada awalnya penasaran jadi tidak tertarik lagi pada film ini. Total kerugian film ini mencapai Rp 875,3 milyar.

3. Around the World in 80 Days (2004)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Ternyata Jackie Chan juga memiliki film yang tidak laku di pasaran. Meski sebagian film Jackie Chan memang selalu tembus box office, baik di negaranya sendiri maupun di Hollywood, sayangnya film Around the World in 80 Days malah hancur di minggu pertama peluncurannya dan akhirnya harus menelan kerugian sebesar Rp 883,3 milyar. Meskipun film ini diwarnai dengan humor khas Jackie Chan yang memang lucu, namun sayang alur cerita yang tidak detail dan terlalu banyak 'hiasan' tak penting di sana-sini, membuat film ini akhirnya membuat bosan para penontonnya.

4. Gigli (2003)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Nama besar Jennifer Lopez dan Ben Affleck yang saat itu masih berpacaran ternyata tidak serta-merta membantu penjualan film duet mereka, Gigli. Film ini ternyata justru harus menelan kerugian besar yang mencapai Rp 887 milyar. Alur yang membosankan, script yang berantakan, dan akting yang tanggung dari duo 'Bennifer' menjadi perpaduan yang komplit sehingga membuat film ini jeblok di pasaran. Film ini bahkan akhirnya juga dituding sebagai penyebab merenggangnya hubungan Ben dan Jennifer, hingga akhirnya mereka pun putus di tengah jalan.

5. Final Fantasy: The Spirits Within (2001)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Sebagai film yang diadaptasi dari seri video game terkenal, Final Fantasy: The Spirits Within gagal membuat para penggemar game-nya terpesona. Meski sudah memberikan spesial efek yang bagus, tetap saja alur cerita yang payah membuat film ini terpaksa turun dari bioskop dalam waktu kurang dari sebulan di Amerika Serikat. Selain itu, durasi film yang terlalu panjang membuat para penonton memilih untuk memainkan game aslinya saja daripada harus menonton filmnya yang berbelit-belit. Kerugian yang 'diraih' film ini mencapai Rp1,14 triliun.

6. Speed Racer (2008)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Speed Racer bukannya tak dibintangi oleh nama-nama terkenal di jagad Hollywood. Christina Ricci dan Emile Hirsch seharusnya bisa menjadi jaminan mutu film ini, namun sayang itu tak dapat mendongkrak penjualan film tentang balapan mobil ini. Spesial efek yang ada dalam film pun sebenarnya tidak jelek-jelek amat, hanya saja keseluruhan cerita tidak memiliki konflik yang betul-betul 'menggigit'. Sang sutradara pun bagaikan mendapat kutukan tak akan bisa membuat film yang lebih bagus dari Matrix Trilogy setelah film ini tayang. Kerugian yang mereka dapat tak tanggung-tanggung, mencapai Rp1,22 triliun.

7. The 13th Warrior (1999)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Pesona seksi Antonio Banderas ternyata tidak mampu mencegah jebloknya The 13th Warrior di pasaran. Film-film bertema kepahlawanan seperti ini harusnya bisa memacu adrenalin penonton dan menyuguhkan adegan konflik yang epic. Namun sayang, karena proses produksi yang memakan waktu terlalu lama, akhirnya film ini pun kehilangan sense tersebut pada hasil akhirnya. Adegan demi adegan begitu datar dan tak sekalipun menghadirkan unsur suspense bagi penonton. Saking jebloknya film ini, sang aktor, Omar Sharif, sampai memutuskan untuk pensiun saja dari perfilman. Kerugian yang ditelan film ini mencapai Rp1,43 triliun.

8. The Adventure of Pluto Nash (2002)

8 Film Paling Gagal Dalam Sejarah Hollywood
Nama komedian sekelas Eddie Murphy tak mampu membuat film ini merangkak naik ke puncak box office. Parahnya, The Adventure of Pluto Nash malah gagal di pasaran dan harus menuai kritik tajam dari para kritikus film. Naskahnya sendiri sudah selesai ditulis sejak tahun 80-an. Namun karena berbagai halangan dan rintangan, proses syuting baru bisa dimulai tahun 2000, dan baru bisa dirilis tahun 2002. Kerugian film ini total mencapai Rp1,54 triliun pada minggu penutupannya.
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger