Mikronesia Negara Dengan Berjuta Keunikan

Ditulis oleh pada Thursday, February 21, 2013 - 21:53 dengan tidak ada komentar

Mikronesia adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik. Negara yang terdiri dari ribuan pulau-pulau kecil ini terletak di timur laut Indonesia.  Nama Mikronesia sendiri berasal dari Yunani mikros (μικρός) yang berarti kecil, dan nesos (νῆσος) berarti pulau. Istilah ini pertama kali diusulkan oleh Jules Dumont d'Urville pada 1831. Negara ini memiliki banyak sekali keunikan-keunikan yang tak dimiliki oleh negara-negara lain di dunia, berikut ini adalah beberapa keunikan dari negara Mikronesia.

1. Negara Dengan Penduduk Tergemuk Di Dunia

Mikronesia Negara Dengan Berjuta Keunikan

Di Mikronesia hampir seluruh penduduknya bertubuh besar dan kekar. Bukan hanya kaum prianya tetapi juga kaum wanitanya. Menurut sebuah penelitian dari London School of Hygiene of Tropical Medicine, sekitar 92% dari penduduk Mikronesia mengalami obesitas dan terancam diabetes. Obesitas pada penduduk di Mikronesia ini sebagian besar disebabkan karena semakin menjamurnya rumah makan cepat saji serta didukung dengan pola hidup yang tidak sehat dari penduduknya. Selain itu hal ini juga disebabkan karena sudut pandang penduduk Mikronesia yang berbeda soal wanita cantik. Jika di negara lain wanita cantik selalu identik dengan tubuh yang langsing, maka di negara Mikronesia wanita akan dianggap cantik jika bertubuh besar dan gempal.

2. Negara Dengan Mata Uang Terbesar Di Dunia

Mikronesia Negara Dengan Berjuta Keunikan

Salah satu pulau yang terkenal di Mikronesia adalah Yap. Pulau ini terkenal karena sistem adat istiadat dan kerajaannya yang masih dipegang teguh hingga saat ini. Salah satu tradisi yang masih dijaga adalah penggunaan uang batu. Uang batu yang lebih dikenal dengan nama Rai ini berbentuk lingkaran dengan lubang pada bagian tengahnya dan umumnya terbuat dari batu kalsit. Ada lima jenis uang batu yang utama yaitu Mmbul, Gaw, Fe' atau Rai, Yar dan Reng.

Keunikan uang batu ini terletak pada ukurannya yang beragam dari yang terkecil berukuran sekitar 3,5 cm hingga yang terbesar berukuran 4 meter. Dengan ukurannya tersebut, uang batu ini dinobatkan sebagai uang dengan ukuran terbesar yang masih digunakan di dunia. Nominal mata uang ini tidak ditentukan hanya dari ukurannya saja, tetapi juga dari siapa yang memegangnya (di daerah ini sistem kasta msih berlaku jadi uang batu yang dimiliki oleh raja akan selalu lebih berharga dari uang batu yang dimiliki rakyatnya) dan tahun pembuatannya (uang batu yang dibuat dari masa ketika belum ada kapal-kapal besar dinilai lebih berharga karena bahannya lebih sulit didapatkan). Uniknya lagi sebagian besar uang batu ini (terutama yang berukuran besar) dibiarkan saja tergeletak di luar rumah, penduduk tidak takut uangnya di curi karena butuh belasan hingga puluhan orang untuk memindahkan uang seberat ratusan kilo hingga puluhan ton ini.

3. Negara Tanpa Kekuatan Militer

Untuk membela negara pada saat ada invasi negara lain maka sebuah negara haruslah memiliki kekuatan militer untuk mempertahankan negaranya. Tapi hal ini tidak berlaku pada negara Mikronesia, negara ini tidak memiliki satupun kekuatan militer. Lah kok bisa?? Sejarahnya, sejak negara ini dinyatakan merdeka pada tahun 1986, pemerintah Mikronesia lalu menandatangani perjanjian dengan Amerika, dalam perjanjian ini dinyatakan bahwa segala masalah menyangkut kedaulatan Mikronesia akan dilindungi oleh Amerika. Jika ada rakyat Mikronesia yang ingin masuk kedalam militer maka ia akan didaftarkan ke militer Amerika, bahkan banyak tentara asal Mikronesia yang ikut dalam misi-misi militer Amerika.

4. Wisata Unik Di Truk Lagoon

Mikronesia Negara Dengan Berjuta Keunikan


Anda pasti familiar dengan kejadian dengan penyerangan pangkalan Amerika Pearl Harbor oleh pasukan Jepang. Sebagai reaksi tentara Amerika kemudian balas menyerang ke Truk Lagoon yang menjadi markas tentara Jepang pada Perang Dunia Ke-2. Akibat serangan dari Amerika ini banyak kendaraan perang Jepang yang akhirnya tenggelam ke laut.

Saat ini bangkai-bangkai kendaraan tersebut telah berubah menjadi karang-karang tempat tinggal berbagai hewan laut. Daerah ini kini menjadi tempat menyelam yang sangat unik karena banyaknya sisa-sisa kendaraan perang lengkap dengan berbagai peralatan perang di dalamnya. Tapi sebenarnya tempat ini sangat berbahaya, karena banyak sekali bom aktif yang terdapat di daerah Truk Lagoon ini.

5. Tarian Tradisional Yang Unik

Mikronesia Negara Dengan Berjuta Keunikan

Seperti negara-negara lain di dunia, Mikronesia juga memiliki banyak tarian tradisional yang khas. Tapi ada satu hal yang unik dari tarian di Mikronesia, terutama di daerah Yap, kaum pria dan wanitanya memiliki tariannya masing-masing. Yah tidak seperti kebanyakan negara lain yang kaum pria dan wanitanya bebas menari bersama-sama, di Mikronesia pria dan wanita memiliki tarian yang berbeda dan tidak bisa dilakukan bersama. Hanya ada satu tarian yang memperbolehkan pria dan wanita untuk menari bersama, itupun kita harus meminta ijin dari kepala desa jika ingin ikut menari.




Sumber : Wikipedia
Bagikan Artikel Ini :

Punya tanggapan atas artikel ini? Silahkan sampaikan pemikiran Anda melalui kotak komentar yang tersedia. Terimakasih atas komentar yang anda berikan dan mohon maaf jika ada komentar yang tidak saya balas.
Read MeEmoticon

Follow Bee Inspired Di Twitter
Like Bee Inspired Di Facebook
 
Home | Privacy Policy | Disclaimer | Contact | Feeds (Atom)
Copyright © 2013. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger